Share

Minum Oralit sebagai Obat Diare? Ini Kata Ahli Kesehatan

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 31 Maret 2023 19:00 WIB
$detail['images_title']
minum oralit, (Foto: Siloam Hospital)

MINUM oralit selama ini dikenal masyarakat awam sebagai salah satu obat alami, pengobatan ala rumahan saat mengalami diare.

Selain dibeli di apotek, bahkan oralit alami ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Saat mengalami diare dan memilih untuk meminum cairan oralit sebagai obat, selain takaran gula dan garam yang tidak berlebihan tapi rentang waktu juga perlu dikontrol saat konsumsi oralit.

"Takarannya yang pas, setengah sendok teh garam dan dua sendok makan gula ke gelas dan air satu liter," jelas dr. Tan Shot Yen, Edukator Kesehatan Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dalam gelaran konferensi pers IDI, Jumat (31/3/2023).

 "Terkadang harus diperhatikan berapa jam sekali dikonsumsi. Ini terutama kalau diare berat, diare enggak berat enggak usah,” tambahnya.

Namun dr. Tan menegaskan, larutan oralit bukanlah semata-mata  obat untuk mengatasi diare. Pasalnya, fungsi utamanya adalah untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

“Oralit itu bukan obat diare, oralit fungsinya untuk mengembalikan cairan (tubuh) yang hilang. Jika sampai muntah, jangan minum oralit langsung ke rumah sakit ke UGD," tutupnya singkat.

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.