Share

Mengenal Infus Vitamin C yang Dilakukan Kiky Saputri Supaya Jos, Benarkah Efektif?

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 28 Januari 2023 14:32 WIB
$detail['images_title']
Kiky Saputri (Foto: Instagram/@kikysaputrii)

KOMEDIAN Kiky Saputri hari ini sudah sah menikah dengan Muhammad Khairi. Di balik itu, ternyata Kiky melakukan satu persiapan agar bisa lebih Jos atau fit di hari bahagianya.

Wanita yang akrab disapa Kiky Saputri ini diduga melakukan infus vitamin C yang bertujuan untuk mendapatkan stamina lebih saat acara pernikahannya di hari ini (28/1).

Kiky Saputri

"Aku lagi infus vitamin, ini justru bikin kita happy buat besok supaya jos fit, sehat segar selama acara," kata Kiky Saputri dikutip dari Instagram Story miliknya, Jumat (27/1/2023).

Melansir dari Healthline, infus atau injeksi vitamin C sudah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS untuk mengobati kekurangan vitamin C dan beberapa penyakit. Selain itu, disetujui juga untuk membantu merawat luka serius akibat trauma atau luka bakar.

Kiky Saputri

Selain itu, ada beberapa penelitian menunjukkan suntikan vitamin C dapat membantu mengurangi efek samping dan meningkatkan kualitas hidup. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah vitamin C dapat membantu melawan kanker.

"Beberapa orang menggunakan suntikan vitamin C untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak ada dukungan ilmiah untuk penggunaan ini," keterangan dalam Healthline

Namun demikian, penyuntikan atau infus vitamin C masih kontroversial, apakah mengonsumsi vitamin C tambahan secara oral atau injeksi, menawarkan keuntungan?. Perlu dipahami, Vitamin C (asam askorbat) merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan kolagen pada tulang.

Vitamin C juga penting untuk proses penyembuhan tubuh Anda. Sementara ketersediaan vitamin C memang ada pada makanan (sayur/buah) tapi juga tersedia dalam suplemen oral atau kapsul, tablet kunyah dan saat ini diketahui juga ada namanya infus/injeksi vitamin C.

Melansir Mayoclinic, vitamin C dikonsumsi dengan dosis yang sesuai (tidak lebih 2000 miligram per hari) suplemen vitamin C oral umumnya dianggap aman. Mengambil terlalu banyak vitamin C bisa menyebabkan efek samping, termasuk: Mual, muntah dan diare, Maag, Kram perut atau kembung, Kelelahan dan kantuk, atau terkadang insomnia, Sakit kepala dan Pembilasan kulit (skin flushing).

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.