Share

Varian Kraken Masuk ke Indonesia, Ini Saran Ahli Gizi untuk Tingkatkan Imunitas

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2023 15:30 WIB
$detail['images_title']
virus penyebab Covid-19, (Foto: Times of India)

MENTERI Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin sudah mengonfirmasi, telah terdeteksinya satu kasus positif varian Kraken  atau XBB 1.5 di Indonesia.

Masuknya varian yang disebut punya kemampuan lebih cepat menular dibanding varian lainnya ini ke Indonesia, disebutkan masuk melalui pria asal Polandia yang melakukan perjalanan dari Balikpapan ke Jakarta.

Temuan kasus baru ini, menjadi pertanda penting bahwa pandemi belum selesai dan mutasi virus penyebab infeksi Covid-19 masih terus mengintai. Ini artinya, masyarakat harus menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap optimal melawan berbagai penyakit, termasuk infeksi Covid-19.

Dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh, Guru Besar Ilmu Gizi IPB University dan Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof Hardinsyah, MS menyarankan masyarakat tak absen untuk mengonsumsi protein dalam menu makanan sehari-hari.

Konsumsi protein ini dibarengi dengan asupan yang juga asupan yang mengandung Vitamin D.

 "Pentingnya protein dan vitamin D untuk meningkatkan imunitas. Kalau menghadapi infeksi apapun, ya imunitas kita harus diperkuat mau jenis apapun, maupun itu dari bakteri jahat ataupun dari virus," kata Prof Hardinsyah, MS ditemui dalam gelaran Press Launch Sarden ABC di Jakarta, Kamis (26/1/2023)

Follow Berita Okezone di Google News

Tak melulu harus daging sapi yang mungkin dirasa relatif mahal bagi sebagian masyarakat, Prof Hardinsyah, menyebut konsumsi protein ini bisa didapatkan dari sumber lainnya yang lebih terjangkau misalnya berbagai ikan.

Ikan sebagai sumber protein hewani diketahui mempunyai kandungan zat gizi lengkap, termasuk vitamin yang sangat penting.

"Salah satu cara untuk meningkatkan asupan vitamin D , di ikan-ikan ini sampai 30 persen untuk pemenuhan gizi sehari, kali 3 kali ya 90 persen 100 gram,” terang Prof Hardinsyah.

“Protein memang ikan lauk-pauk atau ikan sumber protein yang juga penting, dalam pembentukan asam lemah hormon kita dan enzim dan juga antibodi,” tutupnya.

 BACA JUGA:Menkes Sebut Varian Kraken Lebih Cepat Menular, Tapi...

BACA JUGA:Sudah Vaksin Booster Covid Dosis 2, Bisakah Terhindar dari Varian Kraken?

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.