Share

Datang ke Indonesia lewat Orang Polandia, Menkes: Varian Kraken ini Varian Ringan

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2023 09:47 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Covid-19 Varian Kraken. (Foto: Freepik)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mencatat adanya varian Kraken yang masuk ke Indonesia. Varian kranker tersebut tercatat menginfeksi salah sarorang Warga Negara Asing (WNA) asal Polandia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun meminta masyarakat Indonesia lebih berhati-hati. Sebab varian baru Kraken Covid-19, diidentifikasi lebih cepat menular dibandingkan varian lainnya.

Meski demikian, dia melihat tidak perlu adanya kewaspadaan berlebih, pasalnya varian tersebut tergolong ringan. Karenanya, untuk menghindari terpapar varian ini dia mengimbau agar masyarakat melakukan vaksinasi Covid-19 ataupun booster.

"Masyarakat juga harus tahu bahwa varian ini ringan, jadi pastikan boosternya dilaksanakan," kata Menkes.

Dia menambahkan, varian Kraken yang terdeteksi pada orang Polandia ini memang tidak memiliki gejala. Namun, hasil pemeriksaan PCR Covid-19 positif saat hendak masuk Kapal.

"Saya sudah dengar, dilaporkan bahwa varian ini sudah ditemukan, dari orang Polandia, dan itu dia kenanya di Balikpapan. Tapi yang bersangkutan sudah sempat travel di beberapa tempat, hasilnya saya tahu di WGS ketemu XBB 1.5 (Kraken)," jelasnya.

Budi pun menjelaskan histori perjalanannya, jika orang Polandia ini pada 6 Januari masuk ke Jakarta untuk berkunjung ke Balikpapan di tanggal 7 Januari.

"Kemudian dia ke Balikpapan tanggal 7 Januari, kemudian di rapid antigen negatif, dan tanggal 11 Januari dia mau naik kapal jadi di PCR sebagai syarat masuk kapal, dan hasilnya positif," katanya menjelaskan.

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)