Share

Hindari Minum Kopi, Teh dan Susu Bersamaan dengan Tablet Ini! Bisa Hambat Zat Besi

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2023 10:10 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (foto: Istimewa)

SECARA umum masyarakat Indonesia menyukai minum kopi, teh ataupun susu baik di pagi dan malam hari. Di balik, nikmatnya minuman tersebut, ternyata ada kaitannya dengan penambahan darah dalam tubuh.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Raissa Edwina Djuanda, M.Gizi, Sp.GK bagi mereka yang ingin meningkatkan darah, tentu harus tahu minuman kopi, susu dan teh tidak dikonsumsi secara bersamaan, dengan saat minum tablet penambah darah (TTD).

minum susu

"Untuk meningkatkan, bisa konsumsi tablet penambah darah (TTD). Sebaiknya tidak bersamaan dengan minum teh, kopi, susu dan tablet kalsium atau sakit maagh, Karena bisa menghambat zat besi ke dalam tubuh," kata dr Raissa beberapa waktu lalu.

Untuk penyerapan zat besi maksimal, ia menyarankan agar ditunjang buah-buahan yang mengandung vitamin C.

"Lalu bagaimana cara meningkatkan darah? Konsumsi dengan makanan ataupun minuman yang mengandung vitamin C-nya. Misalnya jeruk dan kiwi," jelas dr Raissa

Selain buah-buahan tersebut juga ada buah pepaya, pisang, dan berbagai macam buah lain yang mengandung vitamin C.

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam kesempatan yang sama, dr. Raissa juga mengatakan konsumsi TTD disesuaikan lagi dengan kondisi setiap orangnya sehingga tidak harus setiap hari dikonsumsi. Hal ini bisa dikonsultasikan dengan dokter untuk lebih lanjut.

Minum TTD merupakan salah satu upaya yang digagas oleh Kementerian Kesehatan. Fungsinya untuk mencegah anemia yang berakibat pada kerentanan terhadap penyakit di usia dewasa, penurunan produktivitas, prestasi siswa serta menyiapkan untuk melahirkan bayi yang sehat terhindar dari stunting.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.