Share

Cara Mengobati Penyakit Ginjal Pada Anak, Ubah Pola Makan hingga Dialisis

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 17 Januari 2023 20:00 WIB
$detail['images_title']
Cara Mengobati Penyakit Ginjal Pada Anak, (Foto: Freepik)

Cara Mengobati Penyakit Ginjal Pada Anak, ramai dibahas beberapa waktu belakangan ini. Seiring dengan fenomena kasus gangguan ginjal akut pada anak terkait konsumsi obat sirop tercemar.

Ya, penyakit ginjal memang tak memandang usia, sebab bisa juga dialami oleh anak-anak. Secara medis, penyakit ginjal atau gagal ginjal adalah ketika terjadinya kerusakan jangka pendek atau permanen pada ginjal yang mengakibatkan hilangnya fungsi normal pada organ ginjal.

Penyakit ginjal dibagi dalam dua kategori, akut dan kronis. Bedanya, akut dimulainya tiba-tiba dan dalam beberapa kasus ginjal bisa bekerja normal kembali. Sementara kronis, ialah memburuk secara perlahan setidaknya selama tiga bulan dan sampai akhirnya bisa menyebabkan gagal ginjal permanen.

Saat anak menderita sakit ginjal, umumnya akan melibatkan dokter spesialis anak dan ahli nefrologi. Secara pengobatan, perawatan pengobatan penyakit ginjal pada anak akan tergantung pada gejala, usia, dan kondisi kesehatan umum anak. Selain itu, juga akan dilihat tergantung pada seberapa parah kondisinya serta jenis penyakit ginjal yang diderita oleh sang anak.

 

(Cara Mengobati Penyakit Ginjal Pada Anak, Foto: Shutterstock)

Follow Berita Okezone di Google News

Salah satu indikator, bagaimana cara mengobati penyakit ginjal pada anak itu sendiri, bisa dilihattergantung pada penyebabnya. Melansir laman resmi Childrens National, Selasa (17/1/2023) perawatannya bisa jadi meliputi banyak hal, mulai dari rawat inap di rumah sakit, pemberikan cairan IV (intravena) dalam jumlah besar untuk menggantikan kehilangan cairan, pemberian obat (diuretic) untuk meningkatkan jumlah urin, pengawasan garam darah (elektrolit) seperti kalium, natrium dan kalsium, konsumsi obat untuk mengontrol tekanan darah dan perubahan pola makan.


(Cara Mengobati Penyakit Ginjal Pada Anak, Foto: Okezone)

Bagaimana perubahan pola makan anak, sebagai salah satu cara mengobati penyakit ginjal pada anak? Artinya anak kemungkinan perlu membatasi asupan seperti empat hal berikut;

1. Protein: Memang sangat penting untuk pertumbuhan dan nutrisi yang tepat. Tetapi ginjal yang sudah rusak, mungkin sudah tak mampu membuang produk limbah yang berasal dari makan terlalu banyak protein. Biasanya dokter akan memberitahu berapa banyak protein yang dibutuhkan anak.

2. Kalium: Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, terlalu banyak potasium dapat menumpuk di dalam darah. Nah kalium yang berasal dari makanan tertentu ini yang perlu dibatasi.

3. Fosfor: Ginjal membantu menghilangkan fosfor ekstra dari tubuh. Jika ginjal tidak bekerja dengan baik, imbasnya fosfor jadi kebanyakan menumpuk di aliran darah dan bisa menyebabkan kalsium keluar dari tulang. Hal ini dapat membuat tulang anak lemah dan mudah patah. Makanya anak mungkin perlu membatasi makanan dengan fosfor.

4. Sodium: Diet rendah sodium dapat membantu mencegah atau mengurangi retensi cairan dalam tubuh anak. Dokter akan merekomendasikan jumlah natrium yang diperbolehkan dalam makanan anak.

Jika sudah cukup parah, cara pengobatan selanjutnya yakni melakukan prosedur dialysis untuk menyaring limbah dan cairan ekstra dari darah. Bisa Dialisis Peritoneal yang bisa dilakukan di rumah, atau Hemodialisis yang harus dilakukan di pusat dialisis atau rumah sakit oleh petugas medis.

 BACA JUGA:Bisakah Sembuhkan Kanker dengan Pengobatan Herbal?

BACA JUGA:Rizky Kinos Idap HNP, Bagaimana Cara Pengobatannya?

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.