Share

Trik Rumahan untuk Atasi Perut Kembung dan Sembelit

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2023 19:05 WIB
$detail['images_title']
perut kembung dan sembelit, (Foto: Freepik)

PERUT kembung atau bloating ditambah sembelit alias susah BAB (buang air besar) memang menyebalkan. Namun sayangnya, situasi seperti ini bisa atau bahkan sering kita alami sehari-hari.

Kondisi perut jadi kembung, terjadi ketika perut terasa penuh dan tidak nyaman. Salah satu alasan perut kembung ini, apalagi kalau bukan karena sembelit juga. Sulit atau jarangnya buang air besar, akhirnya membuat perut jadi penuh dan sakit.

Selain itu, pola makan yang tidak sehat atau tidak teratur, gaya hidup yang kurang gerak atau bahkan kurang tidur di malam hari adalah beberapa alasan di balik kenapa perut kitab bisa sembelit dan kembung.

Jika Anda mengalami hal seperti ini tiba-tiba, jangan dulu panik. Ada kiat rumahan untuk mengatasi sembelit dan kembung. Caranya, dilansir dari NDTV, Rabu (18/1/2023) yakni dengan memanfaatkan buah pisang. Setelah makan, ambil pisang, kupas dan potong-poton lalu taburkan sejumput bubuk lada hitam serta garam, lalu langsung dimakan perlahan.

Buah pisang sarat dengan kandungan serat (fiber) yang bisa membantu untuk mengatasi sembelit. Tak hanya itu, buah satu ini juga tinggi akan potasium yang mengurangi kembung yang disebabkan oleh sodium. Mempertahankan keseimbangan natrium dan kalium yang sehat dalam tubuh baik untuk sistem pencernaan.

*Sebagai catatan, ada baiknya untuk selalu berkonsultasi dengan spesialis atau dokter untuk informasi penanganan lebih lanjut.

 BACA JUGA:4 Cara Mengobati Panas Dalam yang Mudah Dilakukan

BACA JUGA:WHO: Varian Kraken Menyebar di Lebih 25 Negara, Ingat-ingat Lagi Gejalanya!

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)