Share

Hasil Uji BPOM, Satu Lagi Obat Sirup Dinyatakan Aman dari Cemaran EG dan DEG

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2023 19:17 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi obat sirup (Foto: Medicaldaily)

Efek samping obat sirup sampai memicu gagal ginjal bikin masyarakat resah. Namun perlahan-lahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan berbagai langkah terkait obat sirup untuk anak yang berisiko mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

BPOM baru saja update daftar obat sirup anak yang aman terhadap risiko cemaran EG dan DEG. Salah satunya produknya obat dan suplemen Soho.

Obat Sirup

Berdasarkan surat BPOM No. B-PW.02.04.4.43.12.22.995 yang diterbitkan pada 26 Desember 2022 dan surat BPOM No. No. B-PW.02.04.4.43.01.23.06 yang diterbitkan pada 1 Januari 2023 yang ditandatangani oleh Dra. Reni Indriani, Apt, M.Si, a.n. BPOM Deputi Bidang Pengawas Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik, terdapat verifikasi terhadap keseluruhan produk sirup obat tradisional dan suplemen kesehatan di atas sudah diverifikasi BPOM dan aman dikonsumsi.

Direktur PT SOHO Industri Pharmasi dan Vice President Research & Development, Regulatory, and Medical Affairs SOHO Global Health Tbk. DR. Ir. Raphael Aswin Susilo Widodo, ST, M.Si, CIP, IPU, mengatakan, surat izin edar tersebut diperoleh usai BPOM melakukan verifikasi terhadap hasil pengujian bahan baku, produk jadi sirup atau cairan obat dalam, serta informasi terkait lainnya yang diperlukan untuk pemastian pemenuhan standar, mutu, keamanan, dan khasiat obat tradisional/suplemen kesehatan secara konsisten oleh pelaku usaha.

"Dalam surat BPOM tersebut, disebutkan bahwa verifikasi dilakukan berdasarkan pemenuhan beberapa kriteria, antara lain kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku, serta metode pengujian yang mengikuti standar/Farmakope terkini," ujarnya dalam keterangan resmi.

Aswin bilang, semua proses Quality Control (QC) obat dan suplemen telah memenuhi standar CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dan CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) yang ditetapkan BPOM. Hasilnya memenuhi batas aman syaratnya dari BPOM.

"Kami juga sudah melakukan pengujian mandiri terhadap cemaran EG/DEG pada bahan baku dan semua produk jadi," ungkap dia.

Menanggapi kabar baik ini, Titi Kamal senang mendengar kabar ini. Ia sendiri kerap memberi anaknya suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Alhamdulilah sekali ya, lega banget rasanya setelah mengetahui suplemen sudah secara resmi dinyatakan aman dikonsumsi untuk anak-anak sesuai anjuran pakai oleh BPOM RI," kata Titi.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)