Share

Minum Air Putih yang Cukup, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh!

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Senin 02 Januari 2023 11:53 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi manfaat minum air putih. (foto: Istimewa)

TAK terasa sudah memulai minggu awal di tahun 2023. Sebagian orang sudah kembali ke aktivitas atau rutinitas sehari-hari, meskipun kini cuaca lebih banyak dirundung awan gelap dan hujan yang tak menentu jatuhnya penting agar tubuh Anda tetap terhidrasi.

Seperti yang telah banyak orang ketahui, lebih dari 70 persen atau sebagian besar dari tubuh manusia ini terdiri dari air. Seseorang yang kekurangan air harian dalam tubuh akan menyebabkan terganggunya keseimbangan tingkat energi dan fungsi otak. Sehingga penting sekali untuk minum cukup air putih dan juga memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

manfaat minum air putih

Berikut ini adalah 5 manfaat kesehatan yang telah terbukti oleh sains dengan minum cukup air putih, yang dilansir dari Healthline (2/1/2023).

1. Membantu memaksimalkan kinerja fisik

Tubuh yang tidak terhidrasi dengan cukup baik, dapat menyebabkan penurunan kualitas kinerja fisik seseorang. Tentunya hal ini penting selama latihan intensif atau cuaca panas yang tinggi.

Dehidrasi dapat memiliki efek yang nyata jika seseorang kehilangan sedikitnya 2 persen dari kandungan air tubuh Anda. Tak jarang atlet kehilangan sebanyak 6–10 persen dari berat airnya melalui keringat.

Hal ini dapat menyebabkan perubahan kontrol suhu tubuh, penurunan motivasi, dan peningkatan kelelahan. Kondisi ini juga bisa membuat olahraga terasa jauh lebih sulit, baik secara fisik maupun mental.

Hidrasi yang optimal telah terbukti mencegah hal di atas terjadi, dan bahkan dapat mengurangi stres oksidatif yang terjadi selama latihan intensitas tinggi. Hal ini tidak mengherankan jika Anda menganggap bahwa otot terdiri dari sekitar 80 persen air.

2. Mempengaruhi tingkat energi dan fungsi otak

Studi menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun, seperti kehilangan 1–3 persen berat badan, dapat merusak banyak fungsi otak.

Dalam sebuah penelitian pada wanita dan pria muda, para peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,4 persen setelah berolahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi. Hal tersebut juga meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Sedangkan kehilangan cairan sebesar 1,6 persen merusak memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan kelelahan.

Banyak penelitian lain, yang melibatkan anak-anak hingga orang dewasa, telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat merusak suasana hati, ingatan, dan kinerja otak.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Membantu meredakan sembelit

Sembelit merupakan masalah umum yang ditandai dengan jarang buang air besar dan kesulitan buang air besar. Konsumsi air yang rendah menjadi salah satu faktor risiko terjadinya sembelit baik di kalangan usia muda ataupun lebih tua.

Dengan minum cukup air sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu mengurangi sembelit. Terutama air mineral, yaitu minuman yang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami sembelit.

Penelitian telah menunjukkan bahwa air mineral yang kaya akan magnesium dan natrium meningkatkan frekuensi dan konsistensi buang air besar pada penderita sembelit.

4. Membantu mengobati batu ginjal

Batu saluran kemih adalah gumpalan kristal mineral yang menyakitkan yang terbentuk di sistem saluran kemih. Bentuk yang paling umum adalah batu ginjal, yang terbentuk di dalam ginjal.

Terdapat penelitian bahwa asupan air dapat membantu mencegah kekambuhan pada orang yang sebelumnya menderita batu ginjal.

Asupan cairan yang lebih tinggi meningkatkan volume urin yang melewati ginjal. Cairan tersebut mengencerkan konsentrasi mineral, sehingga kecil kemungkinannya untuk mengkristal dan membentuk gumpalan.

Air juga dapat membantu mencegah pembentukan awal batu, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan hal ini.

5. Membantu mencegah mabuk

Alkohol bersifat diuretik, sehingga membuat Anda kehilangan lebih banyak air daripada yang Anda konsumsi. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Meskipun dehidrasi bukanlah penyebab utama mabuk, dehidrasi dapat menyebabkan gejala seperti haus, lelah, sakit kepala, dan mulut kering. Cara yang baik untuk mengurangi mabuk adalah minum segelas air di antara waktu minum setidaknya satu gelas besar air sebelum tidur.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.