Share

Bisakah Autisme Disembuhkan? Ini Faktanya Menurut Terapis Wicara

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 31 Desember 2022 18:47 WIB
$detail['images_title']
Podcast Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube Partai Perindo)

KERAP kita menjumpai anak dengan kondisi yang bermasalah dengan cara ia berkomunikasi. Bahkan juga bisa bermasalah dengan cara ia berinteraksi dengan sekelilingnya, itu ciri umum dari autisme.

Lantas apakah bisa sembuh?, Menurut terapis wicara Alfi Wijaya Septian A.Md.O.T bahwa autisme tidak dapat disembuhkan. Sebab autisme merupakan gangguan pada sistem saraf (neurologis).

Alfi Wijaya

"Adapun obat itu hanya suplemen, bukan untuk mengobati. Karena kondisi-kondisi dengan autis tidak bisa disembuhkan, artinya diperbaiki untuk menjadi lebih optimal. Nggak bisa disembuhkan tapi bisa diperbaiki," jelas Arif yang juga Owner Klinik Autis dalam Podcast, Lebih Mengenal Autisme, Delay Speech dan Cara Penanganannya dalam YouTube Partai Perindo, Sabtu (31/12/2022)

Sementara untuk gejalanya, adanya perilaku yang berulang-ulang. Terus gestur tangan ada yang terangkat (flapping hand), melirik ke satu arah samping secara lama sampai dipanggil ia nggak merespon atau merasa acuh sampai tantrum (suka nangis/marah).

Autisme menurut Alfi bukanlah sebuah penyakit. Namun, tetap dibutuhkan melakukan perawatan atau terapi, bisa ke terapis atau dokter maupun psikolog.

"Sementara autisme bukanlah penyakit, di dalam autisme itu juga ada keterbatasan berbicara itu. Bukanlah suatu penyakit tapi gangguan pada neurologis (gangguan saraf) yang mengakibatkan pada suatu perubahan perilaku, komunikasi dan interaksi sosial," ucap Alfi

Sekadar informasi, autisme juga disebut gangguan spektrum autisme (ASD). Kondisi rumit yang mencakup masalah komunikasi dan perilaku.

"Mereka kesulitan memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Hal ini membuat mereka sulit mengekspresikan diri, baik dengan kata-kata atau melalui gerak tubuh, ekspresi wajah, dan sentuhan," keterangan dalam website WebMD

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)