Share

Apakah Kanker Rahim Bisa Sembuh Total dan Bagaimana Peluangnya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
Apakah Kanker Rahim Bisa Sembuh Total, (Foto: Cancer-Gov)

Apakah Kanker Rahim Bisa Sembuh Total, mungkin jadi pertanyaan nomor satu di benak para pengidapnya.

Kanker rahim atau biasa disebut dengan nama medisnya kanker endometrium adalah kanker yang menyerang lapisan di bagian dalam rahim dan merupakan bentuk kanker rahim yang paling umum, sehingga sering disebut sebagai kanker rahim.

Mengutip John Hopkins Medicine, kanker rahim adalah kanker ginekologi yang paling sering didiagnosis atau dengan kata lain kanker yang paling banyak dialami wanita, conohnya dekitar 50.000 wanita Amerika didiagnosis menderita penyakit ini setiap tahun.

Secara peluang kesembuhan, dilansir dari laman resmi Cancer Gov, Rabu (14/12/2022) disebutkan bahwa kanker rahim umumnya dapat disembuhkan, karena biasanya didiagnosis lebih awal atau dengan kata lain ditemukan dalam tahapan stadium awal.

 

(Apakah Kanker Rahim Bisa Sembuh Total, Foto: Cancer. Gov)

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, penting untuk diingat kalau kanker rahim bisa kambuh kembali setelah diobati. Kanker bisa kembali ke rahim, panggul, kelenjar getah bening di perut, atau di bagian tubuh lainnya.

Lalu bagaimana dengan pengobatannya? Nah, pengobatan kanker rahim sendiri, dikelompokkan dalam beberapa kategori sebagai berikut:

1. Kanker endometrium berisiko rendah: Tumor grade 1 dan 2 biasanya dianggap berisiko rendah karena biasanya tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh.

(Apakah Kanker Rahim Bisa Sembuh Total, Foto: Cancer. Gov)

2. Kanker endometrium berisiko tinggi: Tumor grade 3 dianggap berisiko tinggi, karena sering menyebar ke bagian lain dari tubuh. Uterine papillary serous, clear cell, dan carcinosarcoma adalah tiga subtipe kanker endometrium yang dianggap sudah masuk stadium atau grade 3.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.