Share

Ternyata Ini Dampak Terburuk Anak yang Mengalami Stunting

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 08 Desember 2022 16:30 WIB
$detail['images_title']
dampak terburuk anak stunting, (Foto: Freepik)

BAGI sebagian orang, kondisi stunting karena gagal tumbuh pada balita atau anak, akibat kurang gizi dalam jangka waktu lama, adanya paparan infeksi berulang, dan kurang stimulasi hanya mempengaruhi tinggi badan anak.

Tinggi badan anak yang harusnya bertumbuh normal, jadi terhambat. Sehingga mengakibatkan anak menjadi tumbuh kerdil, tidak sesuai dengan pertumbuhan normal seharusnya. Namun ternyata, ada dampak terburuk dari stunting yang bisa dialami anak.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan Samudra, kondisi anak mengalami stunting membuka peluang terkena banyak dampak, terburuknya ialah perkembangan otak yang terganggu.

"Dampak terburuk adalah perkembangan otak yang tidak optimal,” kata dr. Yohan, kala dihubungi MNC Portal, Kamis (8/12/2022).

Perkembangan otak yang tidak maksimal, alhasil berimbas pada kecerdasan anak secara keseluruhan.

“Penurunan kecerdasan anak yang signifikan dan imunitas yang rendah. Sehingga rentan sakit dan gangguan organ," jelas dr. Yohan lagi.

Dari aspek asupan gizi, pola makan anak yang kurang sehat pun disebut dr. Yohan, menjadi salah satu faktor penyebab anak mengalami stunting. Inilah kenapa para orang tua wajib memahami bagaimana menyukupi asupan sehat anak, bukan sekedar membuat anak kenyang.

"Asupan sehat mencegah stunting pada anak, wajib berupa menu lengkap yaitu ada karbohidrat, protein dan lemak pada setiap kali makan," tutupnya singkat.

 BACA JUGA:Jarak Kuman Menyebar Saat Bersin, Bisa 1,8 Meter Lebih Jauhnya!

BACA JUGA:Apa Benar Obat ARV Bisa Sembuhkan Pengidap HIV Secara Total?

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)