Share

Update Gangguan Ginjal Akut, Kemenkes Sebut Tak Ada Penambahan Kasus

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 09:16 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi, (Foto: Freepik)

KABAR baik dibawa Kementerian Kesehatan RI terkait perkembangan kasus gangguan ginjal akut di Indonesia.

Berita ini  disampaikan langsung Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

"Tidak ada tambahan kasus,” kata dr. Nadia, saat dihubungi MNC Portal, Rabu (7/12/2022).

Sementara itu, meski tak ada penambahan kasus baru. Namun masih ada pasien gangguan ginjal akut yang dirawat di rumah sakit, tepatnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan di rumah sakit Batam.

“Ada 6 orang pasien di RSCM dan 1 di Batam,” tambahnya singkat dengan juga menyebutkan 2 angka kematian dan 2 pasien dinyatakan sembuh.

Sejauh ini, jumlah pasien gangguan ginjal akut (GGA) memang telah berkurang,  merujuk pada data November 2022 lalu dari Kemenkes. Sebelumnya, tercatat total 324 kasus GGA pada anak dengan rincian sebanyak 313 pasien dinyatakan sembuh.

Sehubungan dengan perawatan pasien, Juru Bicara Kemenkes, dr. Muhammad Syahril mengatakan para pasien yang telah dinyatakan sembuh tetap dipantau kondisi kesehatannya. Kemenkes melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, masih melakukan pemantauan untuk mengetahui perkembangan selanjutnya.

“Kita terus kontrol untuk melihat perkembangannya, mungkin ada suatu efek-efek atau masalah-masalah kesehatan selanjutnya,” ujar dr. Syahril singkat.

 BACA JUGA:Semeru Berstatus Awas, Ini 7 Tips Siaga Bencana Gunung Meletus 

BACA JUGA: Penuhi Kebutuhan Tenaga Kesehatan, Kemenkes Siapkan 420 RS Pendidikan di Seluruh Indonesia

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)