Share

Semeru Berstatus Awas, Ini 7 Tips Siaga Bencana Gunung Meletus

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 08:20 WIB
$detail['images_title']
Gunung Semeru, (Foto: Antara)

STATUS Gunung Semeru per 6 Desember 2022 diketahui naik level menjadi awas atau pada level IV. Saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana diketahui sudah menerima laporan dari BPBD Kabupaten Lumajang jumlah pengungsi akibat Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru melonjak menjadi 781 jiwa yang tersebar di 21 titik.

Tidak hanya itu, cuaca di sekitaran Gunung Semeru dan Kabupaten Lumajang terus diguyur hujan sedang hingga deras. Akhirnya mengakibatkan banjir lahar dingin yang membawa material sisa erupsi.

Terkait status Gunung Semeru saat ini, bahkan masyarakat sudah diminta untuk tak melakukan aktivitas apa pun di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 19 kilometer (km) dari puncak (pusat erupsi).

Meski daerah Indonesia dikelilingi banyak gunung api yang aktif, sebagian masyarakat mungkin masih bingung apa yang harus dilakukan saat menghadapi bencana gunung meletus. Baik sebelum gunung meletus alias seperti sekarang, atau saat terjadinya letusan.

Siaga dalam menghadapi bencana gunung meletus, saat sebelum terjadinya letusan yang pertama Anda dan keluarga sebaiknya sudah mengenali kawasan rawan bencana letusan gunung api, kemudian menyepakati tempat berkumpul bersama warga sekitar.

Setelah itu, tentukan jalur penyelamatan atau evakuasi yang terdekat dari rumah untuk menuju tempat berkumpul. Segera persiapkan tas darurat khusus yang berisi kebutuhan hidup selama tiga hari seperti, makanan, pakaian, dokumen penting dan obat-obatan. Terakhir, disarankan untuk mengikuti latihan penyelamatan atau evakuasi secara berkala untuk menyelamatkan diri menuju lokasi yang aman pada saat terjadi gempa.

 BACA JUGA:Makan Sembarangan saat Pesta Nataru? Waspada Ancaman Hipertensi!

BACA JUGA:Akhir Tahun 2022, Diharapkan Penurunan Stunting Bisa Capai 3%

Follow Berita Okezone di Google News

Lantas apa yang harus dilakukan saat sudah mulai terjadi letusan dari gunung? Berikut tujuh langkah tips siaga bencana gunung meletus, sebagaimana dikutip dari laman resmi Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI, Rabu (7/12/2022).

1. Langsung mengungsi apabila sudah ada perintah mengungsi dari instansi atau badan berwenang.

2. Hindari melewati jalur yang searah dengan arah angin dan sungai yang berhulu di puncak gunung yang sedang meletus.

3. Jauhi daerah bahaya yang telah ditetapkan, dengan melihat peta ancaman bahaya letusan gunung api.

4. Apabila melihat permukaan aliran air sungai naik, cepat-cepat cari daerah dataran yang lebih tinggi.

5. Jika terjebak dalam ruangan, langsung tutup semua pintu dan jendela dan apabila di ruang terbuka, langsung cari ruang perlindungan darurat.

6. Apabila terjadi hujan batu, lindungi kepala dengan posisi menunduk dengan tubuh condong ke depan untuk melindungi dada. Wajib silangkan tangan di antara kepala dan tengkuk untuk melindungi kepala.

7. Saat turun hujan abu, jangan memakai lensa kontak (bagi yang sehari-hari memakainya. Usahakan menutupi wajah dengan kedua telapak tangan atau sapu tangan serta gunakan kain atau masker untuk melindungi pernapasan.

1
2