Share

5 Manfaat Penggunaan Kacamata Hitam untuk Kesehatan Mata, Bisa Cegah Kanker Kulit Juga!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 08:54 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi manfaat penggunaan kacamata hitam untuk kesehatan. (foto: Unsplash)

SEBAGAI negara tropis, pancaran sinar matahari terkadang terlalu menyilaukan untuk tubuh. Ada banyak kandungan baik dari paparan sinar matahari.

Namun jika berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan. Tak hanya berbahaya untuk kulit, juga untuk kesehatan mata.

 Manfaat kacamata hitam untuk kesehatan mata

Cara menanggulangi paparan sinar matahari yang berbahaya untuk mata adalah menggunakan kacamata hitam. Selain dapat menunjang fashion, juga melindungi mata dari dampak buruk sinar matahari.

Dikutip dari Diffeyewear, berikut manfaat penggunaan kacamata hitam untuk kesehatan.

1. Menahan Sinar UV

Seindah apapun sinar matahari, sinar UV cukup berbahaya bagi mata. Paparan UV yang berkepanjangan ke retina, dapat menyebabkan Degenerasi Makula. Yaitu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan.

2. Mengurangi sakit kepala 

Mata cenderung secara alami peka terhadap cahaya. Faktanya, terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan mata menjadi tegang yang berakhir dengan sakit kepala dan migrain. Mengenakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan akan membantu mencegah ketidaknyamanan.

3. Kurangi Risiko Kanker Kulit 

Sebuah penelitian menyebutkan sekitar 5 hingga 10 persen dari kanker kulit ditemukan di kelopak mata. Itulah mengapa sangat penting untuk mengurangi peluang terkena penyakit mematikan tersebut dengan memakai kacamata hitam.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Mencegah Katarak dan Glaukoma

Sebuah statistik menunjukkan bahwa 24 juta orang di Amerika Serikat terkena katarak. Dan hampir 3 juta orang terkena glaukoma. Untungnya, mengurangi kemungkinan kedua kondisi tersebut bisa sesederhana memakai kacamata hitam dan melakukan pemeriksaan mata secara teratur.

5. Anti Penuaan

Kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis dibandingkan dengan bagian wajah lainnya. Itulah sebabnya bagian tersebut menjadi salah satu area pertama yang dapat muncul kerutan yang mengganggu.

1
2