Share

Minat Operasi Lasik? Cek Dulu Beberapa Hal Penting Ini!

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi operasi lasik, (Foto: Freepik)

OPERASI lasik saat ini makin populer menjadi solusi yang dipilih banyak orang terkait kesehatan mata. Biasanya operasi ini dilakukan dengan cara mengubah bentuk kornea, bertujuan agar bisa mendapatkan penglihatan lebih baik tanpa menggunakan kacamata.

Nah jika Anda termasuk yang memiliki mata minus dan berniat ingin operasi lasik, tunggu dulu karena tidak semua orang dengan mata minus bisa menjani operasi lasik ya!

Disampaikan Dokter spesialis mata dari SILC Lasik Center, Kombes (Pol) dr. Henry Albar Wibowo, SpM (K), ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjalani operasi lasik, seperti konsultasi ke dokter, pengecekan kondisi mata, dan lain sebagainya.

Pertama, dari pemeriksaan pra lasik, dokter biasanya akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial pasien yang bersangkutan.

“Kita ada konsultasi sebelum tindakan untuk mengetahui apa kebutuhan pasien. Misalnya buat pekerjaan sebagai polisi dan lainnya, tentu kita akan pilihkan tindakan yang sesuai, ujar dr. Henry dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (6/12/2022).

Selain itu, ditambahkan dr. Dini Hapsari, SpM secara teknis jika sudah dijadwalkan untuk bisa operasi lasik, pasien harus cukup tidur, tak memakai wewangian, dan tidak memakai makeup.

Namun di atas ini semua, yang paling utama menurut adalah mempersiapkan mental. Meski minim rasa sakit, pada eksekusi tetap ada air yang mengalir bisa menimbulkan rasa pedih dan membuat diri tidak nyaman. 

Follow Berita Okezone di Google News

“Pasien yang akan melakukan tindakan lasik harus yang benar-benar siap mentak ,sebab harus fokus dan tenang. Banyak orang yang takut lasik karena sakit, lasik itu enggak sakit, tapi bukan berarti tidak berasa. Jadi balik lagi, memang yang harus siap mental,” terang dr Dini belum lama ini.

Setelah menjalani tindakan operasi lasik, pastinya akan ada efek samping yang dialami pasien. Umumnya, akan mengalami mata kering selama tiga bulan. Tenang, ini adalah hal yang sangat wajar terjadi.

“Biasanya kita memberikan artificial tear drop wajib diberikan di tiga bulan pertama. Kalau pasien nyaman tetes banyak boleh, tapi kalau cukup sesuai dengan yang kita berikan, silakan. Kondisi ini perlahan akan berkurang," tutur dr Dini.

Sebagai informasi, ada beberapa hal yang dilarang pasca menjalani operasi lasik. Pertama area mata dilarang terkena air selama 7 hari, tidak boleh mengucek mata selama 2 minggu, hindari berendam di air hangat selama 4 minggu, tidak boleh mengucek mata selama 2 minggu, terakhir harus rutin melakukan pemeriksaan mata selama satu tahun.

 BACA JUGA:Calon Ibu Pengidap HIV Bisa Cegah Penularan ke Anak? Ahli Kesehatan: Bisa, Asal.

BACA JUGA:Apa Benar Obat ARV Bisa Sembuhkan Pengidap HIV Secara Total?

1
2