Share

Sakit Kepala karena Kelamaan Lihat Layar Komputer? Rehat dengan Metode 20-20-20

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 05 Desember 2022 16:16 WIB
$detail['images_title']
metode mengistirahatkan mata, (Foto: Freepik)

PERANGKAT gawai dan eletronik seperti komputer dan ponsel, memang sudah sangat menyita waktu banyak orang dalam aktivitas sehari-hari.

Terlebih lagi orang-orang yang harus bekerja di depan layar komputer selama setidaknya 8 jam per hari, atau orang yang hobi bermain game di ponsel. Selain iritasi mata, umumnya tak sedikit pula yang sampai mengalami sakit kepala karena terlalu lama menatap layar perangkat gawai.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, wajib waspada karena bisa saja itu jadi sinyal Anda mengalami Computer Vision Syndrome (CVS). Dikutip dari laman akun Twitter resmi Kementerian Kesehatan RI @KemenkesRI, Senin (5/12/2022) CVS merupakan sekumpulan gejala pada mata dan leher karena berlebihan menggunakan layar monitor, yang bisa berakibat pada kerusakan mata permanen.

Nah, jejalanya umumnya meliputi mata jadi buram, nyeri kepala, iritasi mata, penglihatan menjadi ganda, serta mata merah dan kering.

 BACA JUGA:Mengenal Orthokeratology, Terapi Lensa Kontak untuk Hilangkan Mata Minus Anak

BACA JUGA: Mau Lasik Karena Mata Minus, Baca Ini Dulu Bestie!

Follow Berita Okezone di Google News

Sebagai langkah pencegahan agar mata tak mengalami kerusakan permanen karena menatap terlalu lama layar gawai ini, kita bisa melakukan teknik 20-20-20 untuk menjaga mata tetap sehat, terhindar dari CVS.

Teknik 20-20-20 adalah 20 menit, 20 detik dan 20 kaki. Penerapannya sangat mudah, setiap sudah 20 menit menatap atau di layar komputer atau gadget maka istirahatkan mata selama 20 detik.

Rehatkan mata dengan 20 kaki yakni melihat objek jauh berjarak 20 kaki atau 6 meter, tidak perlu diukur tepat tapi mudahnya Anda bisa melihat sesuatu yang jauh dair jarak pandangan dan jangan lupa untuk berkedip.

Supaya kesehatan mata tetap terjaga, disarankan untuk mengistirahatkan mata dengan durasi singkat tapi sering dilakukan setiap hari. Selamat mencoba!

1
2