Share

Kumur-Kumur Usai Sikat Gigi Ternyata Gak Dianjurkan Lho!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 05 Desember 2022 15:11 WIB
$detail['images_title']
Sikat gigi (Foto: Aawsat)

RUPANYA kumur-kumur usai sikat gigi merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan banyak orang. Diyakini berkumur setelah menggosok gigi dapat membersihkan seluruh rongga mulut. Namun ada pun orang dengan kebiasaan sebaliknya.

Bahan aktif di sebagian besar pasta gigi mengandung mineral yang disebut fluoride. Fluoride berfungsi membantu mencegah kerusakan gigi dengan meremineralisasi email dan membuat gigi lebih tahan terhadap serangan asam.

sikat gigi

Namun ternyata, berkumur berpotensi menghilangkan fluoride yang akan bekerja pada gigi sebelum waktunya. Dengan memuntahkan pasta gigi tanpa berkumur atau membilasnya dengan air, membantu fluoride untuk bekerja secara aktif di dalam mulut.

Mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan berkumur setelah menyikat gigi, tetapi mungkin ada baiknya untuk mulai mencoba. Meninggalkan sisa pasta gigi di mulut Anda dapat mengurangi kerusakan gigi.

Fluoride adalah mineral yang membantu mencegah kerusakan gigi, di antara manfaat lainnya. Sejumlah kecil fluoride ditemukan secara alami di beberapa makanan yang Anda makan, tetapi juga ditambahkan ke air minum dan produk kesehatan mulut untuk membantu meningkatkan kesehatan gigi.

Fluoride paling membantu gigi Anda ketika dioleskan langsung ke gigi Anda. Fluorida yang menempel pada gigi Anda selama beberapa menit memberikan manfaat terbesar.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, beberapa produk gigi mengandung konsentrasi fluoride yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Jadi strategi berkumur setelah menyikat gigi menjadi praktik umum sebagai cara untuk mencegah konsumsi fluoride dalam jumlah yang signifikan. Sehingga hal inilah yang membuat banyak orang melakukan aktivitas berkumur untuk menghilangkan rasa tak nyaman yang ditimbulkan setelah menggosok gigi.

Dilansir dari Healthline, beberapa ahli, termasuk Oral Health Foundation Inggris, merekomendasikan untuk meludahkan air liur atau pasta gigi yang berlebih setelah Anda selesai menyikat gigi daripada berkumur.

Biarkan fluoride tertinggal di gigi, dan cobalah untuk menghindari makan atau minum selama 10 menit atau lebih setelah selesai menyikat gigi.

1
2