Share

4 Kebiasaan Enak Ini Ternyata Picu Hipertensi, Doyan Rebahan Salah Satunya!

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2022 13:00 WIB
$detail['images_title']
malas bergerak picu hipertensi, (Foto: Freepik)

HIPERTENSI yang dulu dikenal sebagai penyakit khas orang tua, sekarang tak lagi menyerang hanya orang-orang yang sudah berumur.

Tak jarang, tekanan darah tinggi juga banyak menyerang generasi muda usia produktif, seiring dengan gaya hidup sehari-hari buruk yang dijalani.

Hipertensi bukan hanya bahaya karena datangnya mendadak, dikutip dari Mayo Clinic tapi juga harus diwaspadai karena tanda dan gejala penyakit satu ini tidak spesifik dan umumnya tak terlihat, alias tak dialami seseorang sampai tekanan darah tingginya sudah mencapai tahap yang parah atau mengancam jiwa.

Maka dari itu kita harus mewaspadainya sejak dini. Salah satunya dengan mengetahui apa saja berbagai kebiasaan enak dalam hidup yang ternyata bisa picu hipertensi. Menghimpun Medical News Today, Heart dan Mayo Clinic, Sabtu (3/12/2022) yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Minum alcohol: Ya, kebiasaan minum minuman beralkohol bisa memicu tekanan darah tinggi. Seiring waktu, minum alcohol berlebihan bisa merusak organ jantung.

2. Tidak aktif secara fisik: Alias malas bergerak, rebahan dan bersantai terus-terusan memang enak dan nyaman. Tapi kebiasaan malas gerak ini perlu diwaspadai, karena orang yang tak aktif secara fisik cenderung memiliki detak jantung yang lebih tinggi. Selain itu, kurangnya aktivitas fisik juga meningkatkan risiko kelebihan berat badan, yang menjadi akar dari banyaknya penyakit.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Tidak makan sayur dan buah: Jarang apalagi sama sekali tak makan sayur-sayuran serta buah, artinya menambah risiko hipertensi dan membuat tekanan darah tak terkontrol. Pakar kesehatan menyarankan, bagi orang dengan tekanan darah tinggi, sebaiknya lebih memprioritaskan makanan yang menyehatkan jantung, seperti gandum utuh, makanan berserat tinggi, aneka buah dan sayur, kacang-kacangan, seperti buncis, dan lentil, ikan kaya omega 3 yang disantap dua kali seminggu, minyak nabati nontropis (minyak zaitun), daging unggas tanpa kulit, dan produk susu rendah lemak.

4. Kandungan garam berlebihan: Siapa sih yang tak suka makanan asin mengandung micin yang gurih? Nah, Bagi pecinta makanna asin memang asupannya perlu dikontrol, sebab konsumsi natrium tinggi bisa mempengaruhi tekanan darah.

Menurut The American Heart Association, asupan yang direkomendasikan untuk orang tanpa hipertensi, hanya boleh mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram (mg) natrium atau setara dengan satu sendok the per hari. Sementara orang dengan hipertensi, harus mengonsumsi kurang dari 1.500 mg sodium per hari untuk mengelola kondisi tekanan darahnya.

 BACA JUGA:Apa Benar Obesitas dan Diabetes Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar?

BACA JUGA:Apa Benar Kebanyakan Makan Daging Bisa Sebabkan Kanker Usus?

1
2