Share

Apa Benar Seks Pakai Gel Bisa Timbulkan Masalah di Organ Intim?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2022 02:12 WIB
$detail['images_title']
Pasangan (Foto: Times of india)

PEMAKAIAN gel atau lubrikan saat seks masih dianggap kurang tepat oleh sebagian orang. Salah satu alasannya adalah dianggap bisa sebabkan masalah organ intim. Benarkah pendapat tersebut?

Seks yang aman dan menyenangkan adalah saat istri maupun suami tidak merasa kesakitan. Penetrasi yang kering memicu rasa sakit yang terjadi saat seks dan karena itu peran gel sangat diperlukan.

 hubungan seks

"Pakai gel saat seks, ya, enggak apa-apa. Buktinya, saat pemeriksaan dengan dokter Obgyn atau ketika papsmear, semua itu pakai gel kan? Jadi, penggunaan gel saat seks tidak masalah," kata Seksolog Zoya Amirin di sesi Live Instagram Okezone, belum lama ini.

Namun, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan jika seks dengan gel. Adalah penentuan jenis gel yang dipakai.

Zoya menjelaskan, ada dua jenis gel untuk seks, pertama gel dengan bahan dasar air dan kedua berbahan dasar minyak. Nah, penentuan jenis gel ini disesuaikan selera pasangan suami istri.

 BACA JUGA:Kasus HIV Didominasi Usia Produktif, Kemenkes: Jaga Diri dari Seks Bebas dan Narkoba!

"Namun, saya bisa kasih saran untuk tidak pilih gel yang berbahan dasar minyak jika seks dilakukan dengan kondom. Sebab, gel oil tidak bisa dipakai bersamaan dengan kondom," saran Zoya.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain dipakai untuk membuat seks lebih nyaman, gel juga memainkan peran penting dalam menciptakan keseruan saat seks. Ini karena banyaknya varian aroma gel yang tersedia di pasar.

"Sekarang itu sudah banyak banget gel beraroma. Mau atoma tiramisu, strowberi, melon, hingga bubblegum, ada semua. Dengan begitu, seks pakai gel seperti ini akan membuat seks berjalan lebih seru," paparnya.

"Jadi, jangan takut menyediakan gel biar seks gak sakit, Anda senang pasangan juga senang," tambah Zoya Amirin.

1
2