Share

Sering Alami Mata Merah saat Pakai Lensa Kontak? Mungkin Ini 5 Alasannya!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2022 04:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi penyebab iritasi pada lensa kontak. (foto: Istimewa)

PENGGUNAAN lensa kontak sangat masif di waktu sekarang. Selain menjadi pengganti kaca mata, fungsi lensa kontak sekarang lebih kepada penunjang penampilan.

Meski begitu, tak banyak yang tahu cara sehat menggunakan lensa kontak. Ini menyebabkan mata gatal, kemerahan, bahkan penglihatan menjadi kabur.

Penyebab mata merah karena lensa kontak

Dikutip dari Eye Zone Nevada, ada beberapa penyebab umum mata seseorang tak nyaman saat mengenakan lensa kontak. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Mata kering

Keluhan ini sering muncul dari para pemakai lensa kontak. Kondisinya akan semakin parah jika pengguna lensa kontak sering melihat layar dan merokok.

2. Alergi

Memang ada beberapa orang yang tak cocok dengan zat yang menyusun lensa kontak itu. Atau kebetulan sedang terjadi musim alergi di beberapa daerah akibat perubahan cuaca.


3. Lensa tidak pas 

Setiap orang memiliki karakter tersendiri pada tubuhnya termasuk mata. Ini yang membuat seseorang lebih disarankan untuk ke dokter jika ingin memiliki lensa kontak.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Lensa kotor

Kebersihan lensa kontak harus dijaga bersih. Karena jika tidak akan menginfeksi mata yang ditempel lensa tersebut. Selalu cuci tangan sebelum menggunakan lensa kontak untuk meminimalisir risiko.

5. Faktor penyakit mata lain

Faktor ketidaknyamanan pakai lensa kontak mungkin disebabkan faktor penyakit mata lainnnya. Seperti konjungtivitis dan lain-lain.

1
2