Share

Ditemukan Virus BtSY2 dari China Mirip SARS-CoV-2, Satgas IDI: Masyarakat Wajib PHBS

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2022 06:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi sel virus, (Foto: Freepik)

DI tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, kini muncul temuan virus baru bernama BtSY2, yang diduga mirip dengan virus penyebab infeksi Covid-19.

Mengutip Daily Mail, Jumat (2/12/2022), virus BtSY2 ditemukan dari kelelawar di China Selatan dan disebut para ilmuwan sebagai satu dari lima virus yang berpotensi menular ke manusia.

Menanggapi temuan ini, Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. dr. Erlina Burhan, MSc., Sp.P.(K), mewanti-wanti masyarakat untuk disiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Diminta kepada masyarakat untuk melaksanakan perilaku bersih dan sehat (PHBS), saat berinteraksi dengan hewan,” saran dr. Erlina kala diwawancara baru-baru ini.

“Cuci tangan, dan memasak hingga matang terkait bahan makanan yang berasal dari hewan, dan tetap cuci tangan setelah menyentuh hewan," tegasnya lagi.

Follow Berita Okezone di Google News

Sehubungan dengan temuan virus BtSY2 itu sendiri, ia meminta agar masyarakat tidak panik berlebihan terlebih dahulu. Menginga temuan virus BtSY2 hingga saat ini belum ditemukan pada manusia.

Meksi memang, sebagaimana dijelaskan para peneliti, virus ini bisa menginfeksi manusia jika virus BtSY2 memiliki domain pengikat reseptor, digunakan untuk menempel ke sel-sel manusia, mirip dengan SARS-CoV-2.

"Itu virus yang ditemukan di hewan (kelelawar), mirip virus SARs-COV-2. Masih di kelelawar, belum ditemukan di manusia, jadi tidak perlu panik," imbuh dr. Erlina

 BACA JUGA:Duh! Pengidap HIV Lebih Berisiko hingga 51 Persen Kena Covid-19

BACA JUGA:China Akhirnya Longgarkan Aturan Covid-19 Pasca Demo Besar-besaran

Secara karakter, virus SARs-COV-2 seperti dijelaskan Kementerian Kesehatan, memang akan terus bermutasi dengan memunculkan berbagai varian baru, mulai dari Delta, BA.4 dan BA.5, dan kini XBB dan BQ.1.

Diungkap Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, dikutip dari kanal Youtube RRI Net Official, virus bermutasi adalah hal yang alami. Begitu pun dengan virus SARS-CoV-2, yang bermutasi terus dari yang Alpha, Beta sampai ke Omicron. Sebab mutasi ini adalah kejadian alami dari suatu mahkluk hidup.

1
2