Share

Tekan Laju Kasus pada Anak-anak, Calon Pengantin Diimbau Tes Skrining HIV

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 22:45 WIB
$detail['images_title']
pentingnya deteksi dini HIV, (Foto: Freepik)

TAHUKAH Anda, bahwa kasus HIV pada anak-anak muncul akibat penularan secara vertikal dari sang ibu?

Maka dari itu, deteksi dini sejak masa kehamilan jadi sangat penting agar HIV tersebut tidak diturunkan dari sang ibu kepada anak-anaknya. Para calon pengantin diimbau Kementerian Kesehatan RI, perlu butuh yang namanya melakukan skrining (tes kesehatan) untuk HIV.

Menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr. Maxi Rein Rondonuwu,  karena HIV ini bisa menular dari ibu kepada anaknya, maka dari itu sebaiknya bisa melakukan deteksi dini sebelum mengandung.

"Kalau dilihat dari penyebab kalau masih ada, usia anak muda terinfeksi HIV dan terutama anak-anak ini artinya penularan secara vertikal, masih jalan dari ibu hamil," kata dr. Maxi saat ditemui dalam gelaran Acara Puncak HAS, Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS di Jakarta, Kamis (1/12/2022)

Follow Berita Okezone di Google News

Seperti disampaikan Direktorat Promkes dan PM Kementerian Kesehatan, Dra. Herawati, MA, Kemenkes mencatat pasien positif HIV/AIDS didominasi oleh kalangan generasi muda berusia 19-59 tahun.

"Penyakit AIDS pada usia produktif sih 19 sampai 59 tahun yang masih bekerja, di kalangan usia produktif," ucapnya. 

Senada dengan dr. Maxi, Dra. Herawati mengimbau memang idealnya calon pengantin melakukan skrining HIV, demi menekan laju penularan HIV/AIDS ke anak-anaknya di kemudian hari. 

"Penularannya dari ibu hamil ke anak, maka harus diedukasi, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para catin (calon pengantin), kalau sehat itu ada sertifikatnya dan bisa lanjut untuk menikah dan memperkecil penularan,” terang Dra. Herawati saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, belum lama ini.

 BACA JUGA:Ini Lho Obat Baru HIV, Cabotegravir!

BACA JUGA:Kasus HIV Didominasi Usia Produktif, Kemenkes: Jaga Diri dari Seks Bebas dan Narkoba!

1
2