Share

Duh! Pengidap HIV Lebih Berisiko hingga 51 Persen Kena Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
HIV, (Foto: Reuters)

BUKAN hanya orang lanjut usia (lansia) dan orang dengan penyakit bawaan (komorbid) misalnya diabetes, paru saja yang ternyata kelompok rentan infeksi Covid-19.

Risiko besar terinfeksi Covid-19 juga nyatanya mengintai orang dengan HIV. Ketua 2 Perhimpunan Dokter Peduli AIDS (PDPAI), DR dr. Evy Yunihastuti menyebut pengidap HIV lebih berisiko hingga sekitar 51 persen terjangkit Covid-19.

"Faktanya dari penelitian orang dengan HIV lebih berisiko berat terkena Covid-19 sekitar 51 persen atau disebutkan minimal 1,3 kali lebih berisiko, dibandingkan dari orang non-HIV,” kata dr. Evy, dalam acara webinar daring, baru-baru ini.

Mengapa demikian? Sebab, melihat sifat karakter virus SARs-COV-2 (Covid) yang lebih akan mengancam pada kelompok orang yang bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh alias imunitas.

“Orang yang terinfeksi dengan virus human immunodeficiency (HIV), bisa melemah karena bisa merusak sistem kekebalan tubuh, dan menghancurkan sel CD4. Sehingga meningkatkan risiko mengalami perburukan dan kematian,” jelas dr. Evy. 

Sebagai informasi, penularan HIV terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh penderita, seperti darah, sperma, cairan vagina, cairan anus, serta ASI. Virus HIV tidak menular melalui udara, air, keringat, air mata, air liur, gigitan nyamuk, atau sekedar sentuhan fisik dengan pengidapnya.

 BACA JUGA: Memprihatinkan, Baru 28% Penderita HIV yang Menerima Pengobatan ARV

BACA JUGA:Pengidap HIV Sudah Pasti Kena AIDS? Dokter Gia Pratama: Belum Tentu

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)