Share

Anemia Bisa Sembuh atau Tidak Ya?

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 30 November 2022 19:15 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi anemia, (Foto: Freepik)

ANEMIA secara umum dipahami oleh masyarakat sebagai sakit yang kekurangan darah. Anemia pula yang biasanya disebut, jadi salah satu penyebab kenapa seseorang bisa sering jatuh pingsan.

Secara medis, anemia sendiri memang merupakan kondisi yang timbul karena kekurangan hemoglobin/Hb alias sel darah merah pada tubuh. Ketua Umum Perhimpunan Hematologi & Transfusi Darah Indonesia (PHTDI) Dr. dr TB Djumhana Atmakusuma, SpPD-KHOM menilai anemia bukanlah penyakit, tapi kondisi yang timbul sebagai akibat.

"Anemia bukan penyakit, tapi tanda atau gejala HB-nya rendah,” kata dr. Djumhana saat ditemui dalam acara Kampanye Jangan Cuek, Ayo Cek Gejala Kekurangan Darah di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Dikarenakan bukan penyakit, sehingga anemia bisa sembuh dengan melakukan pola hidup sehat dan konsumsi obat penambah darah.

"Jadi ada dasarnya (pemicu) dulu dari awal penyakit anemia ini. baru HBnya bisa stabil (sembuh), tidak ada yang tiba-tiba Hb jadi rendah. Penyakit ini ada penyebabnya yang bisa diobati baru kemudian bisa stabil, " sambung dr. Djumhana lagi.

Sehingga, untuk penanganannya dr. Djumhana meng-highlight yang harus dicari adalah penyebabnya. Salah satunya, bisa karena pendarah, sampai adanya kelainan darah bawaan (genetik) yaitu thalasemia.

"Jadi harus dicari penyebabnya, ya bisa karena pendarahan, produksinya kurang karena pabriknya rusak, sel darahnya pecah. Penyebab genetiknya itu thalassemia, sel darah merahnya pecah," tutupnya singkat.

 BACA JUGA:Apa Benar Pengidap HIV Pasti Kena AIDS?

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)