Share

Pentingnya Ibu Hamil Dapat Support System yang Baik, Kurangi Stres!

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 20:00 WIB
$detail['images_title']
pentingnya support system untuk ibu hamil, (Foto: Freepik)

SAAT wanita sedang hamil, banyak perubahan yang terjadi pada dirinya. Mulai dari perubahan fisik, mental, dan hormonal.

Tak jarang, maka dari itu ibu hamil (bumil) lebih sensitif, mudah menangis, gampang sedih, dan juga stres saat sedang mengandung. Inilah kenapa, saat seorang wanita tengah mengandung, sangat penting untuk punya orang-orang dan lingkungan yang baik dan mendukung sebagai support system.

Dari catatan data survei Teman Bumil, sebanyak 92,8 persen ibu hamil membutuhkan dukungan suami serta orang terdekat agar merasa bahagia selama mengandung.

Sementara kelompok ibu dengan anak berusia 0-5 tahun, sebanyak 24,7 persen dilaporkan begitu butuh mencurahkan isi hati kepada suami atau orang terdekat, dan meminta tolong untuk menjaga anak mereka sebentar sebanyak 31,4 persen saat merasa kewalahan dan stres.

Support system yang baik pada ibu hamil, secara tidak langsung bisa membuat sang ibu punya waktu untuk dirinya sendiri. Ya, dari survei di atas, dikatakan sebanyak 98,1 persen ibu hamil merasa perlu me time, yang menjadi pertanda bahwa sejak kehamilan, melahirkan, hingga merawat dan mengurus anak.

Menurut dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, Sp.OG, wanita yang sedang sesekali perlu meluapkan apa yang dirasakan pada orang di sekitarnya.

“ Orang-orang di sekitarnya tersebut, perlu memahami ibu hamil yang mana kondisinya tentunya penuh tantangan,” kata dr. Dara, dikutip dari keterangan resminya, Selasa (29/11/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Seiring dengan kecanggihan jaman dan kecepatan serta kemajuan teknologi, dr. Dara menambahkan support system tidak selamanya hanya bisa didapat wanita mengandung dari orang-orang terdekat yang ada di depan mata.

Tapi bisa juga dengan ‘strangers’, atau dengan kata lain para ibu hamil lainnya di berbagai tempat untuk berbagi informasi dan edukasi seputar kehamilan, proses melahirkan, hingga tumbuh kembang anak.

 BACA JUGA:7 Manfaat Vitamin B Kompleks, Penting untuk Testosteron hingga Ibu Hamil

BACA JUGA:10 Makanan yang Mengandung Natrium Tinggi Bisa Bikin Jantung Sehat

"Support system juga bisa hadir secara digital, seperti pada fitur komunitas di aplikasi. Sebab, selain bisa mendapat informasi, ibu hamil pun bisa bergabung di komunitas agar tidak merasa sendirian," pungkas dr. Dara singkat.

1
2