Share

Kekurangan Asam Folat pada Ibu Hamil Bisa Bikin Komplikasi, Sadari Gejalanya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 13:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi ibu hamil, (Foto: Freepik)

SETIAP manusia membutuhkan asam folat, karena asam folat adalah vitamin B yang diperlukan tubuh agar bisa berfungsi bekerja dengan normal sebagaimana mestinya dan asam folat ini jadi sangat penting bagi wanita yang sedang hamil.

Kekurangan folat terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan cukup folat, ketika darah di tubuh kita kekurangan jumlah vitamin B9 (folat) yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Patut waspada, karena kekurangan folat diketahui bisa menyebabkan berbagai gejala dan komplikasi, yang parah terutama pada ibu hamil.

Mengapa kkurangan folat selama kehamilan bisa membuat komplikasi yang parah? Dilansir dari Cleveland Clinic, Selasa (29/11/2022) ini karena asam folat penting untuk pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang janin. Inilah mengapa, defisiensi alias kekurangan folat bisa menyebabkan cacat lahir yang parah yang disebut cacat tabung saraf. Cacat tabung saraf, termasuk spina bifida dan anencephaly.

Tidak hanya itu, kekurangan folat saat hamil juga disebutkan lebih lanjut mampu meningkatkan kemungkinan solusio plasenta, yakni kondisi di mana plasenta terpisah dari rahim. Selain itu, timbul juga kemungkinan bayi akan lahir prematur (kelahiran prematur) dan/atau memiliki berat lahir rendah (Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR).

Follow Berita Okezone di Google News

Studi juga menunjukkan kalau level asal folat rendah selama masa kehamilan dapat menyebabkan perkembangan autisme pada anak.

Maka dari itu, jangan sampai abai jika mengalami deretan gejala defisiensi folat, yang pertama paling umum adalah kelelahan yang ekstrim, kurang energi, lalu ada gejala anemia, tampak pucat, sesak napas (dispnea), mudah marah, hingga pusing. Ada juga gejala tambahan seperti diare, lemah otot, depresi, mengalami penurunan berat badan dan diare.

Bisa juga terlihat beberapa gejalanya di mulut, yakni ketika lidah terlihat merah, ada luka mulut atau sariawan dan berkurangnya indera perasa. Ditambah dengan sederet gejala neurologis yang berhubungan dengan otak, yakni hilang ingatan, sulit berkonsentrasi, kebingungan.

Maka dari itu, cegah kekurangan folat terutama bagi Anda yang sedang hamil dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan makanan yang mengandung folat.

 BACA JUGA:Sering Infeksi hingga Muntah, 5 Tanda Tubuh Telah Keracunan Zinc

BACA JUGA:Sekeluarga Meninggal di Magelang usai Nenggak Teh-Kopi, Ini Ciri Minuman Beracun!

1
2