Share

WHO Resmi Pakai Mpox untuk Gantikan Istilah Penyakit Cacar Monyet

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 07:34 WIB
$detail['images_title']
Virus Mpox, (Foto: WHO)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) dilaporkan pada Senin 28 November 2022 telah resmi mengganti nama istilah untuk cacar monyet.

Jika sebelumnya penamaan cacar monyet dipakai dengan istilah Monkeypox, kini akan digunakan istilah baru yang disebutkan lebih disukai yakni ‘Mpox’, sebagai sinonim untuk cacar monyet, dilapor Reuters, Selasa (29/11/2022).

“Kedua nama ‘Mpox’ atau ‘mpox’ ini digunakan secara bersamaan selama satu tahun, dan ‘monkeypox’ dihapuskan,” kata WHO.

Perubahan nama istilah penyakit ini, setelah adanya keluhan bahwa nama penyakit infeksi satu ini (Monkeypox) adalah rasis dan menstigmatisasi.

Salah satu proposal untuk penggunaan nama istilah 'mpox' atau 'Mpox', disebutkan lebih lanjut antara lain diajukan oleh organisasi kesehatan pria RÉZO. Melalui sang direktur, organisasi itu menyatakan dengan penghapusan gambar monyet bisa membantu orang0-orang untuk menangani keadaan darurat kesehatan terkait cacar monyet tersebut dengan serius.

Follow Berita Okezone di Google News

Pada awal tahun ini juga, agensi kesehatan yang bernaung di bawah PBB itu juga diketahui telah meluncurkan proses konsultasi publik untuk menemukan nama baru untuk cacar monyet.

Cacar monyet, ditemukan pada tahun 1958 dan dinamai berdasarkan hewan pertama yang menunjukkan gejala. Sebagian besar menyebar di sekelompok negara di Afrika barat dan tengah hingga tahun ini.

Sejauh ini, menurut data WHO sudah 110 negara telah melaporkan sekitar 80.000 kasus yang dikonfirmasi dan 55 angka kematian.

 BACA JUGA: Update Cacar Monyet, Negara Ini Laporkan 25.000 Kasus!

BACA JUGA:Ini Dia Jenis Vaksin yang Dianjurkan untuk Pasien Cacar Monyet!

1
2