Share

Anak Lesti Kejora Baby L Makan Nasi Pakai Garam, Ini 4 Bahayanya bagi Bayi!

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 14:58 WIB
$detail['images_title']
Baby L. (foto: Instagram)

KEHIDUPAN rumah tangga Lesti Kejora dan Rizky Billar masih menjadi sorotan. Meski sudah jarang tampil di layar kaca, video tentang Lesti dan Billar kerap muncul di media sosial.

Seperti video kali ini, memperlihatkan anak Lesti dan Billar, Baby L, yang tengah disuapkan makan oleh neneknya. Baby L terlihat begitu menggemaskan dengan baju garis-garis bernuansa putih.

 Baby L Makan Nasi Pakai garam

Ia juga tampak begitu lahap mengunyah setiap suapan dari sang nenek. Namun yang menjadi perhatian publik adalah caption dari video yang diunggah oleh akun Tiktok @nfornabilaaa ini.

Tertulis bahwa Baby L hanya makan nasi pakai garam. "Tadi Leslar makan siang di Lembang, Baby L-nya gemes banget. Cuman makan nasi pakai garam," tulisnya.

Terlepas dari benar atau tidak caption tersebut, netizen mulai menyoroti video Baby L itu. Tak sedikit yang mengkhawatirkan kondisi kesehatan Baby L karena hanya makan nasi pakai garam.

"Semoga Baby L sehat selalu. Jangan sampai jadi stunting ya Nek," kata @LupiLu***.

"Anak belum setahun gak boleh dikasih garam," tutur @Nadhif****.

"Umur berapa anaknya? Emang udah boleh makan nasi yang kek gitu teksturnya?," tanya @A S ***.

Follow Berita Okezone di Google News

Dikutip dari Parents, tidak semua garam berdampak buruk kepada tumbuh kembang si kecil. Garam oenting untuk segudang fungsi fisiologis.

Mulai dari transmisi impuls saraf, kontraksi, relaksasi otot, dan menjaga keseimbangan cairan. Namun kembali lagi, jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik.

 Anak Lesti Billar Baby L

Menurut laporan yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, 79 persen anak usia 1 hingga 3 tahun, 87 persen anak usia 4 hingga 5 tahun, dan 90 persen anak usia 6 hingga 18 tahun mengonsumsi terlalu banyak garam setiap hari.

Tentu saja, orang tua dan pengasuh bertanggung jawab untuk membatasi jumlah garam dalam makanan anak-anak. Karena lebih baik melakukannya lebih cepat daripada nanti.

Ada beberapa beberapa bahaya anak kelebihan garam dihimpun dari situs Parents. Antara lain:

1. Rasa haus yang berlebihan

Karena sifat natrium itu menahan air. Lebih banyak natrium dalam tubuh berarti lebih banyak air yang dibutuhkan untu mencukupi kebutuhan yang diserap natrium tersebut.

2. Mengidam makanan asin

Garam membuat rasa makanan jauh lebih enak. Jadi tidak mengherankan jika anak lebih cenderung menyukai sekantong keripik kentang daripada sebatang wortel. Jika ini terjadi, segera ganti garam dengan bumbu dapur lain seperti merica atau peterseli.

3. Tekanan darah tinggi

Menurut sebuat penelitian, tujuh persen anak usia 3 hingga 18 tahun memiliki pra-hipertensi atau hipertensi. "eperti pada orang dewasa, hipertensi pada anak-anak seringkali tidak terlihat, yang berarti anak mungkin tidak merasakan gejala dan orang tua tidak dapat mendeteksi tanda-tandanya.

4. Urine berwarna gelap dan sangat kuning

Meskipun ada banyak hal berbeda yang dapat membuat urin anak berwarna kuning gelap, salah satunya adalah asupan garam natrium yang terlalu banyak.

1
3