Share

Sudah 3 Kasus Polio di Aceh, Menkes: Ibu-ibu Salah Mengerti Soal Pentingnya Vaksin

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 13:45 WIB
$detail['images_title']
Vaksinasi polio, (Foto: Reuters/Nour Fourat)

MENTERI Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan segera melaksanakan vaksinasi massal di Kabupaten Pidie, Aceh. Seiring sudah adanya 3 kasus polio yang ditemukan di satu desa yang sama tersebut.

"Iya masih tiga kasus di Pidie. Senin depan (28 November 2022) akan vaksinasi massal," ujar Menkes Budi di sela acara Indonesian Society of Interventional Cardiology Annual Meeting, Jumat (25/11/2022).

Muncul kembali kasus penyakit polio yang sebetulnya sudah pernah hilang di Indonesia, begitu disayangkan.

Menkes Budi menilai, ini salah satunya karena masih banyak masyarakat yang salah persepsi tentang vaksinasi Polio, banyaknya informasi salah yang beredar juga di tengah masyarakat, semakin menambah asumsi negatif terhadap vaksinasi Polio. Alhasil, cakupan vaksinasi polio pun menjadi rendah.

"Polio itu terjadi karena beberapa kabupaten kota yang vaksinasinya sangat rendah. Bisa (cakupan vaksinasi polionya) rendah karena Covid-19, tapi bisa juga pemberitaan yang terlalu negatif. Membuat ibu-ibu itu salah mengerti mengenai pentingnya vaksinasi polio,” pungkasnya.

 BACA JUGA:Kemenkes Tegaskan Vaksin Polio Aman dan Efektif, Orangtua Jangan Termakan Hoaks!

BACA JUGA:6 Fakta Vaksin IndoVac, Booster Dosis 2 yang Dipakai Presiden Jokowi

(rpa)