Share

3 Kasus Polio di Aceh, Semua Berasal dari Satu Desa yang Sama

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 13:40 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi, (Foto: Freepik)

KASUS Polio di Indonesia mengalami peningkatan, awalnya hanya satu kasus kini bertambah dua kasus baru. Menjadikan total sejauh ini, sudah ada 3 kasus polio.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, dr. Muhammad Syahril mengatakan, tiga kasus polio ini berada di satu Desa yang sama di Kabupaten Pidie, Aceh yang semuanya juga merupakan tipe yang sama, polio tipe 2.

"Tambahan 2 kasus baru. Tipe 2, satu Desa," kata dr. Syahril saat dihubungi MNC Portal, Jumat (25/11/2022)

Penemuan dua kasus baru tersebut, diketahui didapat dari penulusuran yang dilakukan ahli epidemiologi di sekitar lokasi kasus. Dengan melakukan pemeriksaan tinja kepada 19 orang anak sehat, bukan kontak dari kasus polio yang pertama.

Ya dari hasil pemeriksaan anak di sekitar kasus polio, yang penting tidak ada kasus lumpuh layuh mendadak,” jelas Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

Penyakit polio yang sebelumnya sudah hilang di Indonesia sejak 2014, kini kembali hadir dan menjadi momok untuk masyarakat. Mengingat, serangan virus polio berdampak permanen untuk seumur hidup, menyebabkan kelumpuhan dan sejauh ini masih belum ada obatnya.

Pencegahannya pun hanya bisa dilakukan dengan mendapatkan imunisasi polio lengkap, baik imunisasi tetes bOPV dan imunisasi suntik IPV. Ditambah dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya tidak buang air besar sembarangan.

 BACA JUGA:Ramai Soal BPJS untuk Orang Kaya, Menkes: Obat Non Generik Harus Bayar Sendiri

BACA JUGA:Menkes Budi: Seminggu ke Depan akan Terjadi Puncak Gelombang Kasus Covid-19

(rpa)