Share

Menilik Hubungan Kondisi Mental dengan Kesehatan Ginjal

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 19:10 WIB
$detail['images_title']
kesehatan ginjal, (Foto: Freepik)

KASUS gagal ginjal akut yang menghebohkan masih terus jadi perhatian masyarakat, terutama para orang tua. Kasus itu menyita perhatian publik karena terjadi begitu progresif dan menyerang anak berusia 2 hingga 5 tahun.

Meski saat ini sudah diketahui penyebab gagal ginjal akut tersebut adalah akibat kandungan zat berbahaya dalam obat sirup, namun masyarakat maish harus tetap waspada pada kesehatan ginjal.

Hal ini karena masalah kesehatan ginjal masih tetap ada dan berkembang di masyarakat. Ada berbagai cara menjaga kesehatan ginjal. Misalnya dengan memperhatikan konsumsi air putih, menghindari makanan yang banyak mengandung pemanis, pengawet dan garam.

Namun tahukah Anda, tak hanya berkaitan dengan fisik, kesehatan ginjal juga berhubungan erat dengan kesehatan mental.

Dilansir dari Mental Health Foundation masalah kesehatan mental biasanya akan disertati dengan gejala penyakit fisik. Seperti dalam istilah bahasa Latin “men sana in corpore sano”, tubuh dan pikiran kita adalah satu kesatuan yang tidak terpisah. Bukan jadi hal aneh, jika saat kesehatan mental buruk dapat berdampak buruk pula pada tubuh dan sebaliknya.

Ginjal sendiri merupakan organ dalam tubuh manusia yang fungsinya melakukan penyaringan darah sehingga ginjal rentan terhadap masalah yang berhubungan dengan sirkulasi darah dan pembuluh darah.

Mengutip National Kidney Foundation, Kamis (24/11/2022) ketika tubuh manusia berada dalam tingkat stres yang tinggi, reaksi-reaksi fisik seperti tekanan darah tinggi, degup jantung lebih cepat, serta tingginya kadar lemak dan gula dalam darah akan muncul dan dapat membahayakan kesehatan manusia.

Dengan demikian, reaksi-reaksi yang muncul ketika seseorang sedang mengalami stres maka secara tidak langsung akan menghambat kerja ginjal dalam tubuh. Tidak hanya terhambat, tapi juga sekaligus memberi beban pada organ yang berbentuk seperti kacang tersebut. Oleh karena itu, peluang terjadi kerusakan ginjal akan lebih tinggi ketika manusia sedang mengalami tekanan mental seperti stres.

 BACA JUGA:8 Ciri-ciri Sakit Batu Ginjal, Nyeri di Area Tulang Rusuk Salah Satunya!

BACA JUGA:Kenali Gejala Rabun Jauh pada Mata, Keluhan yang Dialami Anak Lukman Sardi

1
2