Share

MNC Life dan Rumah Sakit Ibu & Anak Bunda ( RSIA ) Jakarta berkolaborasi mengadakan Instagram Live bertajuk "Manfaat Berolahraga Untuk Kesehatan Reproduksi"

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 23 November 2022 21:45 WIB
$detail['images_title']
MNC Life dan RSIA Jakarta kolaborasi IG Live (Foto: MNC Media)

JAKARTA - MNC Life bekerja sama dengan Rumah Sakit Ibu & Anak Bunda ( RSIA ) Jakarta mengadakan Instagram Live bersama dengan topik Manfaat Berolahraga Untuk Kesehatan Reproduksi pada Jumat 18 November 2022, Pembukaan acara Instagram Live ini dihadiri oleh Septika Helena selaku Head Of Marketing Communication dan dr. Merry Amelia Sp.OG sebagai speaker.

Dalam obrolan IG Livenya, Septika Helena membuka dengan menjelaskan terlebih dahulu bahwa rendah dari tingkat kematian pada organ reproduksi dapat mengganggu fertilitas yang sering kali dipandang sebelah mata. Gangguan pada reproduksi dapat menyebabkan morbiditas dan penurunan kualitas hidup, maka dari itu sudah harus disadari sejak dini dengan cara berolahraga agar kualitas hidup semakin membaik.

RSIA

“dok, kira-kira bagaimana sih bisa disebut sebagai reproduksi yang sehat? Kebanyakan dari orang-orang merasa sehat karena memiliki banyak anak, mungkin dari dokter Merry bisa menjelaskan sedikit kondisi dari reproduksi yang sehat?” tanya Septika.

dr. Merry menjelaskan “kalau ditanya soal kondisi reproduksi (subur atau tidak ya) sebenarnya engga itu saja, karena organ reproduksi kita tidak hanya sebagai organ kesuburan. Jadi, bukan berarti orang yang sudah menikah dan hamil dapat dikatakan sehat”. Jelas dr. Merry.

Beliau menambahkan, karena organ reproduksi itu ada bagian-bagian lainnya. Dengan contoh, di perempuan terdapat rahim, indung telur, payudara yang semua bekerja secara simultan dan berpengaruh pada hormon. Bisa saja sebelumnya tidak ada riwayat miom atau kista, tetapi seiring berjalan waktu bisa saja muncul itu semua.

Secara umum bisa dibilang sehat, dengan contoh pada pria mampu melakukan ejakulasi dan menghasilkan sperma yang baik kemudian dapat menghasilkan keturunan. Tetapi, bisa juga organ reproduksi pria bermasalah, contohnya hermia, penyakit prostat, kemudian ada juga gangguan pada saluran pengeluaran sperma. itu semua tidak hanya di cek secara kasat mata, sangat diperlukan bantuan khusus medis. Untuk perempuan sendiri, dapat diketahui sehat atau tidaknya minimal dengan teraturnya datang bulan. Jika diperiksa USG didapatkan indung telur baik-baik saja dan tentunya mampu membuat adanya kehamilan.

“nah kalau dari dokter sudah menjelaskan tentang kesuburan dan kondisi-kondisi dari reproduksi tersebut, bisa dijelaskan sedikit dok apa ajah si yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan olahraga apa saja untuk meningkatkan kualitas dari reproduksi itu sendiri?”

“bagaimana kita bisa meningkatkan kesuburan secara umum, yang pertama dan jelas sesuai dari penelitian adalah indeks dari tubuh itu normal. Indeks masa tubuh, dihitung dari rasio berat badan tubuh, tinggi badan, karena penelitian sudah jelas kalau kelebih berat badan (obesitas) jelas menurunkan kualitas kesuburan. Baik dari sisi perempuan maupun pria. Kemudian, musti dilihat juga di sisi perempuannya. Kita lihat subur tidaknya dari siklus haid, terkadang pasien mengeluh siklus haid tidak teratur penyebab paling sering adalah kenaikan berat badan. Perempuan ini sensitif sekali, ketika berat badan naik, jaringan lemak ditubuh perempuan meningkat dan mengganggu hormon sehingga hormon tersebut tidak akan berjalan secara teratur.”

Dr Merry juga menambahkan bahwa diet yang berlebihan akan menurunkan kesuburan, banyak pasien yang seringkali melakukan diet berlebihan dan turun dengan cepat. Tetapi justru tidak datang bulan, karena hormon yang terganggu. “jadi, pesan saya bagi ingin program hamil dan ingin menurunkan berat badan. Harus ke dokter gizi, jangan sampai turun berat badannya ibu dan bapak ini menganggu tingkat kesuburan. Kita kan butuh telur yang baik, sperma yang baik. Sehingga terbentuk kehamilan yang baik, jadi turun berat badan boleh tapi nutrisi jangan sampai rusak.”

Olahraga yang dianjurkan adalah 5 jam maksimal dalam seminggu, jadi olahraga yang berlebihan juga tidak baik. Tidak olahraga sama sekali, lebih tidak baik. Yang dianjurkan adalah cardio karena sifatnya ringan, dengan contoh lari 20-30 menit perhari atau senam 15 menit perhari. Bagi yang suka bersepeda, 20-30 menit berhenti untuk istirahat. Maka, tidak akan menganggu reproduksi itu sendiri. Dengan catatan, lihat bahwa maksimal 5 jam dalam seminggu.

Acara Instagram Live ini disaksikan lebih dari 100 penonton, antusiasme para penonton yang sangat baik terlihat dari banyaknya pertanyaan. PT MNC Life Assurance dimiliki oleh MNC Group melalui anak perusahaannya PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang merupakan salah satu perusahaan investasi di bidang jasa keuangan terlengkap.

(hel)