Share

Studi Temukan Perbedaan Gejala Covid-19 antara Orang yang Sudah Lengkap Vaksinasi, Satu Kali, dan Tak Divaksinasi

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 21 November 2022 12:00 WIB
$detail['images_title']
gejala Covid-19, (Foto: Freepik)

PANDEMI Covid-19 yang berjalan hampir tiga tahun, berjalan dengan perubahan evolusi di dalamnya. Bukan hanya mutasi varian yang bermunculan, tapi juga gejala yang ditimbulkan.

Hal ini terungkap dari studi riset dari Zoe Health Study di Inggris pada akhir Oktober lalu, yang mengidentifikasi gejala Covid-19 paling umum saat ini yang diambil berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari lebih dari empat juta orang pengguna aplikasi khusus untuk melaporkan gejala infeksi Covid-19.

Hasilnya disimpulkan bahwa, berdasarkan analisis terbaru ini, gejala infeksi Covid-19 dengan varian Omicron yang sering mirip gejala influenza, tergantung pada status vaksinasi dan jumlah dosis vaksin yang diterima seseorang. Dengan kata lain, orang yang sudah lengkap dosis vaksinnya (dua dosis full), dengan yang hanya satu kali dosis, dan yang belum menerima vaksin Covid-19 sama sekali, mengalami gejala yang berbeda.

Menurut penelitian yang melibatkan para peneliri dari King’s College London, Massachusetts General Hospital, Harvard T.H. Chan School of Public Health, dan Stanford University, seperti dikutip dari Everyday Health, Senin (21/11/2022) orang yang sudah divaksinasi mengalami lebih sedikit gejala dan hanya mengalaminya dalam periode waktu yang lebih singkat daripada orang yang tidak divaksinasi, artinya kelompok yang sudah divaksinasi tersebut tidak jatuh sakit parah dan sembuh lebih cepat saat terinfeksi Covid-19.

Follow Berita Okezone di Google News

Bagi orang yang sudah divaksin Covid-19 dua dosis, gejala umum yang dialami yakni sakit tenggorokan, hidung berair, hidung tersumbat, batuk terus-menerus, dan sakit kepala. Para peneliti menambahkan bahwa orang yang telah divaksinasi dan terinfeksi, biasanya melaporkan mengalami gejala berupa bersin.

Sementara bagi orang yang baru menerima satu dosis vaksin, gejala teratasnya ialah sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, bersin, dan batuk terus-menerus.

Sedangkan orang yang belum menerima vaksin Covid-19 sama sekali, gejala yang banyak dialami adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, demam dan batuk yang konsisten. Studi ini juga menempatkan hilangnya daya indera penciuman di gejala nomor 9 di antara orang yang tak divaksinasi, tetapi gejala sesak napas turun jauh dari daftar ke nomor 30.

 BACA JUGA:Menkes Imbau Pasutri Atur Waktu Kehamilan untuk Cegah Kematian Bayi: Jangan Hamil Usia Muda

BACA JUGA:Menkes Sebut Gangguan Ginjal Akut Sudah Selesai karena Kasus Turun Drastis

1
2