Share

Muncul Jerawat, Ternyata Ini 5 Masalah Kesehatan yang Sedang Tubuh Alami!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Kamis 17 November 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (foto: Istimewa)

KEHADIRAN jerawat selalu membuat kesal. Karena akan merusakĀ penampilan khususnya wajah.

Namun ternyata munculnya jerawat dapat menjelaskan kondisi tubuh seseorang. Kebiasaan hidup atau rutinitas yang tak sehat membuat timbulnya jerawat.

Dikutip dari Bustle, Kamis (17/11/2022), ada beberapa masalah kesehatan yang "ingin diberitahukan" jerawat lewat kemunculan. Berikut ulasannya untuk Anda.

Ā masalah kesehatan yang terjadi saat munculnya jerawat

1. Dehidrasi

Kondisi tubuh dehidrasi akan memperparah masalah kulit. Kulit menjadi kering dan akan kehilangan elastisitasnya. Tubuh akan memproduksi minyak berlebihan untuk mengimbangi kulit kering sehingga menimbulkan jerawat.

Ā 

2. Lelah

Jika Anda kurang tidur, maka tiba-tiba akan muncul jerawat. Kehadiran jerawat itu seolah ingin menyampaikan bahwa Anda lelah. Kurang tidur dapat mengacaukan kemampuan tubuh untuk meningkatkan aliran darah ke kulit dan membuat kolagen baru dalam semalam.

3. Makanan perlu diubah

Makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti karbohidrat olahan, bisa menjadi penyebab jerawat yang tidak terduga. Produk susu juga dapat memperparah jerawat. Jadi jika Anda sering berjerawat, mungkin ini saatnya untuk memperhatikan pola makan dan menukar lebih banyak buah dan sayuran segar.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Kebanyakan kafein

Minum kopi sebenarnya tidak akan menyebabkan jerawat. Tetapi jika meminumnya terlalu banyak dapat mengacaukan hormon. Kacaunya hormon dapat membuat tubuh sangat stres, yang kemudian berlanjut membuat kulit menjadi meradang.

5. Udara tercemar

Paparan polusi udara secara terus menerus baik dari knalpot mobil atau asap rokok, dapat memiliki efek jangka panjang yang sangat buruk bagi kesehatan. Jerawat salah satunya. Ini sering dialami mereka yang tinggal di perkotaan. Oleh karena itu, cuci muka secara menyeluruh saat tiba di rumah kemudian oleskan tabir surya di pagi hari untuk membantu menciptakan penghalang antara kulit dan partikel jahat tersebut. Anda mungkin juga ingin berinvestasi dalam filter udara di rumah jika Anda tinggal di kota besar.

1
2