Share

8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh, Bisa Dicoba di Rumah

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 20:00 WIB
$detail['images_title']
8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh, (Foto: Freepik)

8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh akan dipaparkan dalam artikel ini, mengingat saat ini sudah masuk musim hujan, sehingga banyak orang yang kerap mengalami batuk.


Batuk sendiri merupakan kondisi kesehatan yang familiar dialami banyak orang dalam keseharian. Pemicunya bisa karena berbagai faktor, karena tersedak, alergi debu, hingga sakit infeksi pernapasan.

Selain dengan obat-obatan, batuk bisa diatasi dengan obat alami loh yang bahan-bahannya bisa mudah ditemukan di rumah. Melansir Healthline, Rabu (16/11/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh J. Keith Fisher, MD dan Debra Rose Wilson, Ph.D., berikut delapan obat batuk alami yang terbukti ampuh.

1. Madu: Batuk membuat tenggorokan sakit, nah madu adalah obat yang sudah lama dipercaya untuk sakit tenggorokan. Maka dari itu, madu juga bisa meredakan batuk lebih efektif. Campurkan 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon untuk mengobati batuk Anda.

(8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh, Foto: Freepik)

2. Thyme: Studi kecil yang melibatkan 361 orang dengan bronkitis akut, menunjukkan bahwa saripati yang diekstraksi dari daun thyme yang dicampur dengan ivy bisa membantu meredakan batuk serta bronkitis jangka pendek. Daun thyme mengandung senyawa yang disebut flavonoid yang mengendurkan otot tenggorokan yang ada pada batuk dan mengurangi peradangan. Coba buat teh thyme di rumah, dengan mencampurkan 2 sendok teh daun thyme yang dihancurkan dan bersama air mendidih. Tutupi cangkir, rendam selama 10 menit, dan saring baru diminum.

3. Kumur air garam: Cara klasik dan simpel satu ini bisa bantu meredakan tenggorokan gatal, penyebab batuk. Campur 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan air hangat untuk membantu meredakan iritasi. Ingat, cara ini tidak boleh untuk anak usia di bawah 6 tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Kunyit: Kunyit mengandung curcumin, senyawa dengan sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Sebagai obat alami, bisa campur 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam sebagai minuman teh hangat.

5. Jahe: Punya sifat antibakteri dan anti-inflamasi sekaligus bisa bantu meningkatkan sistem kekebalan dan menghilangkan rasa sakit. Jadi obat batauk alami, bisa buat teh jahe dari akar jahe dengan merendam akar yang sudah dikupas atau dipotong dalam air hangat lalu ditambahkan dengan madu.

(8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh, Foto: Freepik)

6. Akar marshmallow: Merupakan sejenis herbal, yang digunakan dalam sirop obat batuk dan pelega tenggorokan untuk meredakan batuk kering.

7. Teh masala chai: Chai tea tengah jadi minuman populer dalam beberapa tahun terakhir. Nah, di India sendiri chai ini digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk kering karena masala chai mengandung beberapa bahan antioksidan, termasuk cengkeh dan kapulaga yang efektif sebagai ekspektoran, serta kayu manis, yang memiliki sifat anti-inflamasi.

(8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh, Foto: Freepik)

8. Peppermint: Mengandung mentol dan membantu mematikan ujung saraf di tenggorokan yang teriritasi oleh batuk. Sehingga mungkin bisa bantu meredakan nyeri dan mengurangi keinginan untuk batuk.Ada beberapa cara untuk mengonsumsi peppermint, minum teh peppermint sebelum tidur di malam hari atau mengisap pelega tenggorokan peppermint. Bisa juga pakai minyak esensial peppermint sebagai perawatan aromaterapi.

(8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh, Foto: Freepik)

1
2