Share

Kena Kencing Nanah Karena Sering Seks Bebas, Begini 4 Cara Mengobatinya!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 01:09 WIB
$detail['images_title']
Sering berganti pasangan (Foto: taleja)

AKIBAT pergaulan bebas hingga melakukan seks bebas berganti-ganti pasangan, pria bisa terkena kencing nanah. Nah, penyakit ini tidak bisa disepelekan. Pasalnya, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae ini merupakan salah satu infeksi menular seksual (IMS).

Penularan penyakit kencing nanah atau dalam istilah medis dikenal dengan gonore ini biasanya melalui hubungan seksual, baik dari oral, anal, maupun vaginal, yang tidak menggunakan kondom dengan pasangan yang terinfeksi penyakit kencing nanah.

 seks bebas

Meskipun tidak selalu menimbulkan gejala setelah terinfeksi, penyakit kencing nanah yang tidak segera diobati berisiko menyebabkan komplikasi di kemudian hari. Oleh karena itu, penting bagi penderita untuk mengetahui cara mengobati kencing nanah.

Umumnya, cara mengobati kencing nanah yang harus dilakukan agar bakteri tidak menyebar yakni dengan minum obat antibiotik. Mengonsumsi antibiotik bertujuan untuk membunuh bakteri penyebab kencing nanah.

Meski begitu, cara ini tidak dapat digunakan untuk menyembuhkan komplikasi akibat kencing nanah. Lantas, apa saja obat-obatan yang bisa mengobati kencing nanah? Berikut daftarnya.

1. Azithromycin

Azithromycin biasanya diminum bersamaan dengan obat lainnya sebagai obat untuk mengatasi kencing nanah. Cara kerja azithromycin dalam mengobati kencing nanah yakni dengan memecah DNA bakteri sehingga perkembangannya akan terhambat.

 BACA JUGA: MGen Penyakit Menular Seksual yang Kebal Antibiotik, Pelaku Seks Bebas Wajib Baca!

2. Ceftriaxone

Salah satu jenis antibiotik yang digunakan untuk menangani kencing nanah ini dapat menghambat pembentukan dinding bakteri sehingga bakteri tidak bisa hidup.

Ceftriaxone diberikan melalui suntikan. Biasanya, dokter akan memberikan ceftriaxone bersamaan dengan azithromycin.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Cefixime

Cefixime juga bisa digunakan pada penderita kencing nanah dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri penyebab kencing nanah. Namun, obat kencing nanah ini hanya digunakan saat ceftriaxone sedang tidak tersedia. Sama seperti ceftriaxone, penggunaan cefixime harus tetap dibarengi dengan antibiotik jenis lain.

4. Doxycycline

Cara kerja doxycycline dalam mengobati kencing nanah yakni dengan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab gonore dengan menghambat pembentukan proteinnya. Doxycycline biasanya digunakan sebagai terapi tambahan bersama ceftriaxone bila bakteri telah menyebabkan radang panggul.

1
2