Share

4 Makanan untuk Mencegah Flu Saat Musim Hujan, Salah Satunya Apel

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 15 November 2022 18:48 WIB
$detail['images_title']
Apel menyehatkan (Foto: BBC)

SAAT musim hujan tiba, kemungkinan terkena alergi atau flu musiman sangat besar. Seperti halnya hidung tersumbat, pilek, batuk dan gejala lainnya yang bisa menghabiskan energi. Karena itu, kamu perlu melakukan tindakan untuk menghindari hal itu sepenuhnya.

Untuk mencegah hal tersebut, selain melakukan pengobatan, gaya hidup juga perlu dirubah agar tidak terkena alergi musiman. Selain itu, kamu juga bisa menghindarinya dengan berbagai makanan.

Seperti yang dikutip dari laman NDTV, berikut ini adalah daftar makanan untuk membantu kamu menghindari flu musiman.

 nanas

1. Nanas

Buah nanas sarat akan nutrisi seperti vitamin C, mangan dan enzim anti-inflamasi bromelain. Selama bertahun-tahun, dokter naturopati sudah menggunakan bromelain sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai penyakit, termasuk menghilangkan alergi musiman.

 BACA JUGA:Mirip! Ini Beda Gejala Covid-19 XBB dengan Flu Biasa

2. Apel

Buah apel kaya akan quercetin. Apabila kamu mengalami gejala alergi musiman ringan seperti pilek, bersin dan mata gatal, Apel bisa membantu kamu merasa lebih baik. Karena, quercetin berfungsi sebagai antihistamin alami.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Kunyit

Banyak makanan tradisional yang menggunakan kunyit sebagai bumbi. Kunyit sendiri dipercaya bisa menurunkan peradangan. Selain itu, kunyit juga bisa membantu kamu mengatasi alergi musiman secara alami. Karena kandungan curcumin pada kunyit bisa mengurangi alergi musiman yang mengganggu, dan menambah rasa lezat pada makanan.

4. Ikan Berlemak

Kandungan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) serta omega-3 dan omega-6 sangat penting untuk mencegah alergi di musim ujan atau musim dingin. kandungan PUFA bermanfaat untuk mengurangi peradangan, serta mengurangi kemungkinan kondisi alergi serta asma pada anak-anak. Kandungan tersebut terdapat pada ikan air dingin, seperti salmon, mackerel, tuna dan sarden.

1
2