Share

Belajar dari Tragedi Itaewon, Mau Datang ke Acara Ramai? Dokter: Badan Harus Fit!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 15 November 2022 17:13 WIB
$detail['images_title']
Tragedi Halloween Itaewon (Foto: News casspool)

TRAGEDI Kanjuruhan dan Itaewon yang menewaskan banyak orang akibat berdesak-desakan jadi pelajaran berharga untuk kita semua bahwa dalam situasi ramai orang, akan selalu ada risiko berbahaya dan karena itu penting bagi Anda mempersiapkan diri.

Dokter Spesialis Paru dr Annisa Sutera Insani, SpP, bahkan meminta kepada Anda yang mau datang ke acara ramai orang agar mempersiapkan fisik. Artinya, jangan coba-coba datang ke acara yang berpotensi kerumunan kalau badan tidak fit.

 Dokter Spesialis Paru

"Saya sangat tidak merekomendasikan seseorang dalam kondisi tidak fit, anak-anak, dan lansia untuk datang ke acara yang berpotensi terjadi kepadatan orang di satu lokasi acara. Itu sangat berisiko bagi mereka," papar dr Annisa saat diwawancarai di Live Instagram Okezone, Selasa (15/11/2022).

Ia melanjutkan, fisik yang prima setidaknya mampu menjaga kualitas tubuh. Dengan begitu, saat risiko terburuk terjadi yaitu kerumunan dan desak-desakan, Anda dapat menyelamatkan diri dari lokasi tersebut.

 BACA JUGA:Cerita Tragedi Itaewon Menurut WNI yang Kerja di Seoul

Selain itu, dr Annisa juga mengimbau untuk kenali lokasi acara tempat Anda berada. Pastikan Anda tahu kemana pintu keluarnya. Ini penting, sehingga ketika ada kerusuhan atau situasi keos, Anda tahu harus ke arah mana bergeraknya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Ketika Anda tahu pintu keluar dan titik kumpul saat terjadi kerumunan, itu meminimalisir Anda terjebak dalam kerumunan tersebut," tambahnya.

"Jadi, saat Anda terjebak dalam kerumunan tapi arah pergerakkan tidak mengarah ke pintu keluar terdekat, Anda bisa mengambil keputusan lawan arus atau setidaknya diam dan berpegangan tangan agar tidak terbawa arus ke arah yang tidak benar," sambung dr Annisa.

1
2