Share

Anggur hingga Rumput Laut, Makanan yang Bisa Bantu Bersihkan Ginjal

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 15 November 2022 10:45 WIB
$detail['images_title']
jaga kebersihan ginjal, (Foto: Medicaldialogue)

ORGAN ginjal begitu vital perannya dalam tubuh manusia, mengingat organ satu ini bekerja sebagai sistem penyaringan alami bagi tubuh.

Ginjal berfungsi untuk membuang limbah, racun, dan kelebihan air dari darah. Menariknya, organ satu ini merupakan self-cleaning, alias bisa membersihkan dirinya sendiri saat tubuh menyerap cukup cairan.

Menjaga kesehatan ginjal sangat krusial, dan salah satunya bisa dilakukan dengan menyertakan makanan tertentu yang disebut bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Apa saja makanan yang disebut bisa membantu membersihkan dan meningkatkan kesehatan ginjal secara umum? Simak ulasannya di bawah ini, sebagaimana diwarta dari Healthline, yang sudah ditinjau secara medis oleh Dominique Fontaine, BSN, RN, Selasa (15/11/2022).

1.. Anggur: Anggur, kacang tanah, dan beberapa buah beri mengandung senyawa tumbuhan bermanfaat yang disebut resveratrol. Merujuk pada satu penelitian pada hewan, peneliti menemukan pengobatan dengan resveratrol bisa menurunkan peradangan ginjal pada tikus dengan penyakit ginjal polikistik.

2. Cranberry: Buah satu ini dikenal memiliki manfaat kesehatan untuk kandung kemih loh! Dari hasil uji klinis yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, menyebut bahwa wanita yang mengonsumsi cranberry kering dan manis setiap hari selama dua minggu mengalami penurunan kejadian infeksi saluran kemih. Jangan lupa tambahkan cranberry kering adalah tambahan manis nan sehat pada hidangan salad, atau bahkan oatmeal Anda.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Jus buah: Jus lemon, jeruk, dan melon semuanya mengandung asam sitrat, atau sitrat. Nah sitrat ini lah yang bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium dalam urin. Pada akhirnya menghambat pertumbuhan kristal kalsium, yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal.

4. Rumput laut: Brown seaweed atau rumput laut coklat sudah lama ditinjau khasiatnya pada pankreas, ginjal, dan hati. Disebutkan lebih lanjut, dalam uji coba hewan 2014, menunjukkan kalau hewan tikus yang diberi makan rumput laut yang dapat dimakan selama 22 hari memperlihatkan adanya pengurangan kerusakan ginjal dan hati akibat diabetes.

5.Makanan kaya kalsium: Banyak yang menyakini bahwa menghindari kalsium bisa membantu mencegah batu ginjal. Faktanya, justru Terlalu banyak oksalat urin dapat menyebabkan batu ginjal.

1
2