Share

Ups! Kebiasaan Merokok Berhubungan dengan Osteoporosis?

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 09:00 WIB
$detail['images_title']
Osteoporosis, (Foto: Freepik)

MENDENGAR Osteoporosis, yang terlintas di benak banyak orang adalah penyakit orang lansia lanjut usia) atau orang tua.

Eits, jangan salah! Osteoporosis nyatanya bisa menyerang orang usia yang notabene belum lansia karena ada hubungan antara osteoporosis dengan kebiasaan merokok loh! Ya, merokok ternyata teridentifikasi sebagai faktor risiko alami dari osteoporosis.

Penelitian menunjukkan ada hubungan langsung antara penggunaan tembakau dan penurunan kepadatan tulang. Melansir laman resmi Bones, Rabu (16/11/2022) wanita yang merokok juga cenderung mengalami menopause lebih awal dibandingkan bukan perokok.

Faktor-faktor ini menempatkan perokok pada peningkatan risiko osteoporosis selain dari kebiasaan penggunaan tembakaunya sehari-hari.

Selain itu, penelitian tentang efek merokok menunjukkan bahwa merokok meningkatkan risiko patah tulang. Selain itu, merokok dikatakan terbukti punya dampak negatif pada penyembuhan tulang setelah mengalami patah tulang.

Maka tak heran, karena adanya hubungan antara kebiasaan merokok dengan osteoporosis ini. anjuran untuk berhenti merokok jadi hal pertama dalam strategi penanganan osteoporosis, selain mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan Vitamin D, rutin olahraga, dan menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan

(rpa)