Share

Musim Hujan Rentan Bikin Alergi Kambuh, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Kurangi Risikonya

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 12 November 2022 06:30 WIB
$detail['images_title']
alergi kambuhan di musim hujan, (Foto: Freepik)

ALERGI dan infeksi selama musim hujan memang cukup umum terjadi. Alergi musiman memang banyak dialami, mengingat air hujan deras membawa alergen seperti serbuk sari, debu, dan partikel kotoran, yang memperparah alergi pernapasan seperti asma.

Maka dari itu, terutama bagi orang-orang dengan bakat alergi atau yang memang sudah memiliki alergi. Sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan dan mempersiapkan tubuh menghadapi musim hujan seperti saat ini.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat, untuk meminimalisasi risiko kambuhnya alergi. Melansir NDTV, Sabtu (12/11/2022) berikut lima makanan yang direkomendasikan dikonsumsi di musim hujan untuk mengurangi risiko alergi kambuh, sebagaimana dijelaskan oleh Dr. Aditya S Chowti, Konsultan Senior Penyakit Dalam di Rumah Sakit Fortis, Cunningham Road, Bangalore

1. Buah musiman: Apel, jamun, lengkeng, plum, ceri, persik, pepaya, pir, dan delima dapat membantu memperkuat sistem kekebalan Hindari buah-buahan yang kaya air seperti semangka dan muskmelon karena dapat menyebabkan pilek.

2. Sup dan teh hijau: Green tea atau teh hijau, teh masala, atau teh biasa yang dikonsumsi bisa Anda p sangat bermanfaat selama musim hujan. Begitu juga dengan sup sayuran yang juga bermanfaat karena meningkatkan kekebalan terhadap gangguan pernapasan seperti asma. Selain itu, sup dan teh hijau ringan di perut .

Follow Berita Okezone di Google News

3. Buttermilk dan yogurt: Kebanyakan dokter menyarankan agar yoghurt digunakan sebagai pengganti susu dalam makanan. Yogurt dan buttermilk mengandung bakteri probiotik yang membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik.

4. Jahe dan bawang putih: Dua rempah-rempah ini selain punya sifat anti inflamasi, antibakteri, dan antioksidan, keduanya juga punya sifat anti virus yang dapat membantu meredakan demam dan meriang. Teh jahe dapat membantu meredakan rasa tak nyaman pada tenggorokan, sedangkan jahe yang dihancurkan atau sarinya dapat dicampur dengan madu dan dikonsumsi untuk anak-anak di atas usia satu tahun.

5. Probiotik dan sayuran: Hindari konsumsi sayuran mentah, karena peluang adanya bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi parah seperti sakit perut, keracunan makanan dan diare. Cara terbaik adalah mengonsumsi sayuran rebus atau dikukus, karena mengandung protein, serat, dan nutrisi lain yang tinggi yang membantu mengurangi kondisi kulit seperti jerawat.

Jika menambahkan sayuran atau kecambah dalam salad, pastikan sudah direbus atau dikukus dulu. Mengonsumsi produk susu yang bergizi seperti yoghurt dan buttermilk juga penting untuk menghindari penyakit saat musim hujan loh!

1
2