Share

6 Kriteria Fasilitas Kesehatan Penting di Klinik Kehamilan, Ruang Persalinan hingga Poli Laktasi

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Kamis 10 November 2022 16:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

DUNIA medis semakin berkembang pesat, modern dan serba canggih. Membuat segalanya jauh lebih mudah. Termasuk di antaranya dalam hal pemeriksaan kehamilan.

Kemajuan zaman dan perkembangan teknologi membuat segalanya jauh lebih mudah dan aman. Tak heran, kini klinik khusus kehamilan semakin banyak hadir, dan berlomba-lomba memberikan fasilitas terbaik.

Dari banyaknya fasilitas yang ada, sebetulnya apa saja sih fasilitas penting vyang memang seharusnya tersedia di sebuah klinik kehamilan?

Lantas, apa saja kriteria fasilitas yang paling penting dalam sebuah klinik kehamilan? Berikut ulasannya, sebagaimana dirangkum dari siaran media Kehamilan Sehat, Kamis (10/11/2022).

1.Ruang rawat inap: Merupakan ruang untuk pelayanan terhadap pasien ibu hamil dengan fasilitas tempat tidur untuk keperluan observasi, diagnosis,, rehabilitasi medik dan penunjang medik lainnya.

2.Ruang persalinan: Wadah pelayanan masyarakat yang berperan sebagai tempat kegiatan dan tindakan melayani pasien yang akan melahirkan. Pada sebuah klinik kehamilan, pertolongan persalinan dilakukan oleh tenaga bidan ataupun dokter spesialis kandungan yang kompeten dan profesional.

3.Ruang pemeriksaan dokter: Ruang untuk memeriksa kondisi ibu hamil dan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara maksimal. Sehingga, ibu hamil mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar.

Follow Berita Okezone di Google News

4.Ruang baby spa: Baby spa adalah salah satu perawatan bayi yang menjadi tren beberapa tahun belakangan ini yang dipercaya bisa memberikan manfaat kesehatan untuk sang buah hati.

5.Poli laktasi: Menjadi tempat ibu berkonsultasi dengan ahli laktasi dengan memberikan penyuluhan, dukungan, dan pelatihan sehingga para ibu dapat teredukasi mengenai ASI dan cara menangani masalah pemberian ASI.

6.Ruang senam hamil: Klinik kehamilan juga kini banyak menyediakan fasilitas ruang senam hamil yang memungkinkan ibu hamil untuk melakukan senam yang aman dan ringan yang bisa dilakukan di berbagai usia kehamilan, dan berfungsi mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan.

 BACA JUGA:Benarkah Memori Bisa Hilang Akibat Blackout Karena Kebanyakan Minum Alkohol?

BACA JUGA:Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Blackout Akibat Kebanyakan Minum Alkohol?

1
2