Share

5 Tips Diet untuk Gigi Sehat, Bilas Tiap Usai Makan Salah Satunya

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 11 November 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
tips diet sehat untuk gigi, (Foto: Freepik)

BUKAN hanya sekedar putih, tapi kesehatan gigi harus diperhatikan secara menyeluruh. Terlebih, kesehatan gigi bisa menjadi salah satu indikator kondisi kesehatan seseorang.

Memelihara kesehatan gigi agar tetap prima, tentu salah satunya termasuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi, baik itu minuman atau pun makanan yakni dengan diet gigi sehat. Mewarta NDTV Food, Kamis (10/11/2022) berikut lima tips diet penting untuk menjaga kesehatan gigi, seperti yang direkomendasikan oleh Dr. Surbhi Bhatia L.

1.Hindari makanan yang lengket: Sederhana saja logikanya, hindari makan makanan yang mudah menempel di gigi tapi sulit dihilangkan. Makanan yang tertinggal di gigi menghasilkan bakteri berbahaya, inilah kenapa kita harus membersihkan gigi secara teratur.

2. Bilas gigi di antara waktu makan: Tahukah Anda makanan yang berkontak dengan gigi dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan tumbuhnya kuman penyebab penyakit. Jadi, sebisa mungkin biasakan untuk membilas sisa makanan dari gigi setiap habis makan.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Hindari makanan asam: Ya, selain yang lengket, disarankan juga untuk menghindari makanan yang asam seperti lemon, anggur, nanas, delima. Dikonsumsi sewajarnya tentu tak masalah, karena contoh yang disebutkan sebetulnya baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun jika dikonsumsi mensecara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi kita loh!

4. Minum banyak air mineral: Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, alias memiliki jumlah air yang baik bisa menawarkan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh. Tidak terkecuali, kesehatan mulut yang baik.

5. Mengunyah permen karet bebas gula: Mengunyah permen karet adalah latihan yang baik untuk otot-otot mulut, pada akhirnya ini bisa mendorong sirkulasi darah. Namun, sebagai catatan pilihlah permen karet yang bebas gula ya! ,

 Sebagai catatan, sebelum menjalani diet ini sebaiknya  berkonsultasi dulu dengan spesialis sebelum membuat perubahan besar dalam diet Anda.

tetapi selalu berkonsultasi dengan spesialis sebelum membuat perubahan besar dalam diet Andai selalu berkonsultasi dengan spesialis sebelum membuat perubahan besar dalam diet Anda.

1
2