Share

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Operasi Lasik Mata, Ternyata Tidak Terlalu Sakit

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 09 November 2022 09:31 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Vision Institute)

MENGENAL manfaat dan efek samping operasi lasik mata menarik untuk dibahas. Mata merupakan salah satu indera yang sangat penting bagi manusia.

Sayangnya, tak sedikit orang yang mengalami masalah pada matanya, seperti silinder, mata minus, rabun dekat, dan lain-lain. Salah satu cara untuk mengobatinya secara permanen adalah dengan menggunakan lasik.

Operasi mata

Lantas, apa itu lasik? Simak penjelasan lengkapnya beserta manfaat dan efek samping operasi lasik mata.

Lasik merupakan singkatan dari laser-assisted in situ keratomileusis, yaitu sebuah proses operasi refraktif laser untuk memperbaiki masalah penglihatan. Dengan melakukan operasi lasik, penderita masalah penglihatan tidak akan bergantung lagi pada lensa kontak maupun kacamata.

Follow Berita Okezone di Google News

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, operasi lasik mata bertujuan untuk menyembuhkan masalah penglihatan.

Bagi yang belum tahu, operasi lasik mata dinilai sebagai tindakan pembedahan yang minim rasa sakit dan rasa tidak nyaman. Sebelum melakukan operasi, mata akan diberikan anestesi dalam bentuk tetes mata. Selain itu, operasi lasik mata tidak menggunakan jahitan.

Operasi lasik tak membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Pasien yang melakukan operasi lasik biasanya akan pulih dalam beberapa hari dan hasilnya bisa langsung terlihat.

Kacamata maupun lensa kontak terkadang terasa kurang praktis dan kerap mengurangi rasa percaya diri. Dengan melakukan operasi lasik mata, penglihatan Anda tidak akan bergantung lagi pada alat bantu penglihatan tersebut.

Sama halnya dengan prosedur pembedahan yang lain, operasi lasik mata juga tidak luput dari adanya risiko. Berikut sejumlah risiko operasi lasik mata yang Okezone rangkum dari Mayo Clinic:

-Operasi lasik mata bisa menyebabkan mata kering karena penurunan produksi air pada mata.

-Mata mungkin akan lebih sensitif terhadap cahaya, sehingga Anda akan merasa silau, -muncul lingkaran cahaya, dan penglihatan ganda.

-Munculnya astigmatisme.

-Adanya masalah lipatan pada mata bagian depan.

-Regresi.

-Kehilangan atau perubahan pada penglihatan.

Nah, itulah pembahasan Mengenal Manfaat dan efek samping operasi lasik mata

(RIN)

1
2