Share

Kasus Tembus 2.377, Guangzhou Jadi Episentrum Baru Covid-19 di China?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 09 November 2022 08:45 WIB
$detail['images_title']
kondisi pandemi Covid-19 di China, (Foto: Reuters/ David Kirton)

DATA resmi yang dipublikasikan pada Selasa 8 November 2022, melaporkan saat ini kasus Covid-19 meningkat tajam di Guangzhou dan kota-kota besar lainnya di China lainnya.

Seperti dilapor Reuters, Rabu (9/11/2022) Guangzhou, ibu kota Provinsi Guangdong, melaporkan 2.377 kasus lokal baru pada Senin 7 November 2022. Angka ini naik dari catatan angka kasus sebelumnya, 1.971 pada satu hari sebelumnya.

Kenaikan ini disebutkan lebih lanjut, menjadi adalah lompatan dramatis dari peningkatan pada dua minggu lalu. Guangzhou, kota di selatan China sendiri merupakan salah satu ekonomi vital di China, karena statusnya sebagai pusat manufaktur global.

Banyak daerah distriknya, termasuk Haizhu yang berlokasi di jantung kota, telah memberlakukan berbagai level pembatasan dan lockdown. Tapi, sejauh ini, Guangzhou telah menolak lockdown seperti yang diterapka di Shanghai awal tahun ini.

Sementara itu, menurut otoritas kesehatan China, kasus infeksi lokal baru naik menjadi 7.475 secara nasional pada Senin 7 November 2022. Naik, jika dibandingkan sehari sebelumnya di angka 5.496 kasus. Angka kasus positif menembus 7.475 kasus ini pun diketahui merupakan angka tertinggi sejak 1 Mei 2022.

Peningkatan ini, mungkin sederhana menurut standar global namun signifikan bagi China yang masih aktif menerapkan lockdown. Kota-kota yang vital ekonominya, termasuk ibu kota China, Beijing, juga diketahui telah mengalami peningkatan infeksi yang akhirnya berimbas pada kenaikan angka testing dan penguncian lokal.

(rpa)