Share

Duh! Gagal Jantung Ternyata Lebih Mematikan dari Kanker

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 10 November 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
bahaya gagal jantung, (Foto: Freepik)

PENYAKIT jantung masih jadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia. Penyakit yang menyerang salah satu organ vital manusia ini, masih menjadi salah satu penyakit mematikan dengan angka kasus kematian tinggi.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan, dr. Rarsari Soerarso, Sp. JP (K), menyebutkan bahkan sebetulnya penyakit jantung, contohnya gagal jantung lebih mematikan daripada penyakit kanker. Tak heran, gagal jantung begitu jadi momok menakutkan bagi kebanyakan orang.

"Kenapa kita takut sama gagal jantung? Bahwa sebenarnya lebih mematikan dibandingkan kanker atau penyakit lainnya," ujar dr. Rarsari kala dijumpai di RS Harapan Kita di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan jantung merupakan organ tubuh pusat pada manusia bersamaan denga otak dan ginjal. Ketiganya sangat berperan penting, maka dari itu apabila mengalami kerusakan bisa menyebabkan kematian.

"Jantung kalau rusak, ya sudah meninggal. Jantung bagian terpenting karena memompa darah ke seluruh tubuh, apabila bermasalah memicu adanya gangguan," tutup dr. Rarsari singkat.

Sebagai catatan, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 menunjukan adanya tren peningkatan penyakit jantung yakni yang awalnya 0,5 persen pada 2013 menjadi 1,5 persen pada 2018.

(rpa)