Share

Kabar Gembira! Pilihan Booster untuk Penerima Vaksin Sinovac Sudah Ditambah

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 08 November 2022 11:58 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi, (Foto: Freepik)

KABAR gembira bagi masyarakat penerima vaksin primer Covid-19 jenis Sinovac. Sebab, per 23 Agustus 2022, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI sudah mengeluarkan persetujuan izin penggunaan darurat/Emergency Use Authorization (EUA) yang baru untuk daftar vaksin booster.

Izin penggunaan darurat ini, dikeluarkan Badan POM untuk vaksin AWCorna sebagai vaksin booster heterolog (vaksin booster berbeda dengan vaksin primer) untuk yang menggunakan atau menerima vaksin Sinovac (CoronaVac) sebagai vaksin primernya.

Mengutip akun Twitter resmi BPOM RI, "@BPOM_RI," Selasa (8/11/2022) sebagai vaksin booster heterolog, vaksin AWCorna diberikan dalam 1 dosis (0.5 mL) sebanyak 15 μg/dosis setelah 6 bulan dosis kedua vaksinasi primer.

Dengan penambahan pilihan vaksin booster untuk pengguna vaksin primer Sinovac tersebut. Maka saat ini daftar jenis vaksin booster untuk penerima Sinovac (CoronaVac) dan vaksin Covid-10 Bio Farma totalnya ada 7 vaksin, yakni Sinovac , Pfizer, AstraZeneca, Zifivax, Sinopharm, Convidecia, AWCorna.

(Foto: Twitter BPOM RI)

Tujuh daftar vaksin booster untuk penerima vaksin primer Covid-19 jenis CoronaVac dengan ukuran dosis sebagai berikut;

1. Sinovac: Dosis penuh (homolog)

2. Pfizer: Setengah dosis (heterolog)

3. AstraZeneca: Setengah dosis (heterolog)

4. Zifivax: Dosis penuh (homolog)

5. Sinopharm: Dosis penuh (homolog)

6. Convidecia: Dosis penuh (homolog)

7. AWCorna: Dosis penuh (homolog)

(rpa)