Share

4 Langkah Hypnobirthing, Metode Bantu Minimalisir Rasa Sakit ketika Melahirkan

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Senin 07 November 2022 12:30 WIB
$detail['images_title']
step by step Hypnobirthing di rumah, (Foto: Freepik)

BANYAK wanita yang merasa takut akan rasa sakit yang timbul saat melahirkan. Hal ini wajar-wajar saja memang, mengingat rasa sakit ketika melahirkan kerap kali digambarkan oleh para wanita yang sudah pernah melahirkan sebagai rasa sakit yang tidak bisa dideskripsikan oleh kata-kata.

Nah, rasa sakit ketika melahirkan ini disebutkan setidaknya bisa dibantu untuk diminimalisir dengan melakukan metode Hypnobirthing. Metode mensugesti dan menghipnotis diri sendiri, usaha alami yang dilakukan oleh calon ibu untuk menanamkan niat dalam bawah sadar untuk menghadapi persalinan dengan tenang dan sadar. Upaya ini memfokuskan pikiran dan batin, melatih sang ibu untuk menenangkan pikirannya.

Lantas bagaimana cara melakukannya? Melansir laman resmi Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada, Senin (7/11/2022) berikut ulasan empat langkah hypnobirthing yang bisa para calon ibu praktekan sendiri di rumah.

1. Miringkan kepala: Miringkan kepala di atas bahu kanan, lalu putar sampai di atas bahu kiri, kembali ke bahu kanan sampai delapan kali hitungan. Kemudian letakkan jari kanan di atas bahu diputar ke belakang sebanyak delapan kali. Lalu tangan tetap di atas bahu diputar ke depan sebanyak delapan kali juga.

 BACA JUGA:Pak Ogah Berjuang Lawan Stroke, Apa Saja Gejalanya?

BACA JUGA:Selena Gomez Mengidap Bipolar, Apa Gejalanya?

Follow Berita Okezone di Google News

2. Relaksasi otot: Berbaring santai, dengan meletakkan kedua lengan di samping kanan dan kiri, telapak kanan menghadap atas. Lalu tegangkan telapak kaki hingga merambat ke betis, paha, pinggul dan dada. Pundak ditarik ke atas dan kedua telapak tangan dikepal dengan kuat. Dahi dikerutkan, lidah ditarik ke arah langit-langit.

3. Relaksasi pernapasan: Nah dalam keadaan berbaring, otomatis napas akan terdorong ke arah perut. Tarik napas panjang lewat hidung sambil hitung sampai 10 kali, lalu hembuskan nafas perlahan-lahan lewat mulut, ulangi sampai 10 kali.

4. Relaksasi pikiran: Pejamkan mata sejenak, setelah mata terpejam sejenak, buka mata pelan-pelan sambil memandang satu titik tepat di atas mata. Makin lama kelopak mata makin rileks, berkedip. Pada hitungan kelima mata akan menutup.

1
2