Share

10 Makanan yang Mengandung Natrium Tinggi Bisa Bikin Jantung Sehat

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 04 November 2022 15:15 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Wonderfulive)

10 makanan yang mengandung natrium tinggi menarik untuk diulas. Natrium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari natrium, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan manusia.

Beberapa di antaranya adalah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu mineral dibutuhkan untuk fungsi jantung dan otak, serta produksi hormon dan enzim (1).

Mineral dibagi menjadi dua kategori berdasarkan seberapa banyak kebutuhan tubuh manusia.

Berikut 10 makanan yang mengandung natrium tinggi dilansir dari Healthline:

1. Kacang-Kacangan

Kacang

Kacang-kacangan dan biji-bijian dikemas dengan berbagai mineral tetapi sangat kaya akan magnesium, seng, mangan, tembaga, selenium, dan fosfor.

Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu menonjol karena kandungan mineralnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Kacang-kacangan dan biji-bijian utuh menjadi camilan padat nutrisi yang nyaman, sementara mentega kacang dan biji-bijian dapat dimasukkan ke dalam smoothie dan oatmeal atau dipasangkan dengan buah atau sayuran segar dalam mendapatkan kandungan natrium.

2. Kerang

Kerang

Kerang, termasuk tiram, kerang, dan remis, adalah sumber mineral terkonsentrasi dan dikemas dengan selenium, seng, tembaga, dan besi (6Trusted Source).

Mengkonsumsi 6 tiram berukuran sedang (84 gram) memenuhi kebutuhan harian Anda akan seng dan tembaga dan masing-masing menyediakan 30% dan 22% dari kebutuhan harian Anda untuk selenium dan zat besi.

3. Beberapa organ daging

Daging

Meskipun tidak sepopuler sumber protein seperti ayam dan steak, daging organ adalah salah satu makanan paling padat mineral yang bisa Anda makan.

Misalnya, sepotong (85 gram) hati sapi memenuhi kebutuhan tembaga harian Anda dan menyediakan 55%, 41%, 31%, dan 33% dari kebutuhan harian Anda untuk selenium, seng, besi, dan fosfor.

4. Telur

Telur

Telursering disebut sebagai multivitamin alami - dan untuk alasan yang bagus. Telur utuh kaya akan nutrisi dan menyediakan banyak mineral penting.

Mereka tinggi zat besi, fosfor, seng, dan selenium, serta banyak vitamin, lemak sehat, antioksidan, dan protein.

5.Cokelat

Cokelat

Meskipun tidak sering dikaitkan dengan padat nutrisi, produk cokelat sarat dengan mineral. Apalagi cokelat sangat kaya akan magnesium dan tembaga.

6. Alpukat

Alpukat

Alpukat adalah buah krim yang dikemas dengan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Mereka sangat kaya akan magnesium, potasium, mangan, dan tembaga.

Kalium adalah mineral yang penting untuk pengaturan tekanan darah dan kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi makanan kaya kalium seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Buah Beri

Buah Beri

Buah beri, termasuk stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, tidak hanya lezat tetapi juga merupakan sumber mineral penting yang sangat baik.

Buah beri adalah sumber potasium, magnesium, dan mangan yang baik. Mangan adalah mineral yang penting untuk sejumlah fungsi metabolisme yang terlibat dalam metabolisme energi, serta fungsi sistem kekebalan dan saraf.

8. Produk Susu

Susu

Produk susu, termasuk yogurt dan keju, adalah beberapa sumber kalsium yang paling umum dalam makanan. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga sistem kerangka yang sehat dan penting untuk sistem saraf dan kesehatan jantung Anda.

9. Sarden

Sarden

Sarden adalah sumber nutrisi dan mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berkembang.

Satu kaleng sarden 3,75 ons (106 gram) menyediakan 27%, 15%, 9%, 36%, 8%, dan 88% dari kebutuhan harian Anda untuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan selenium. Mereka juga merupakan sumber lemak omega-3 anti-inflamasi yang sangat baik.

10. Buah

Buah-buahan tropis tumbuh di iklim tropis atau subtropis dan termasuk pisang, mangga, nanas, markisa, jambu biji, dan nangka

Selain kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin, banyak buah tropis merupakan sumber mineral yang sangat baik, seperti potasium, mangan, tembaga, dan magnesium.

(RIN)

1
3